Empat Orang Warga Ophir Pasaman Barat Terkena DBD, Kadis Kesehatan Ajak Masyarakat Gotong Royong Jaga Kebersihan Lingkungan

Dinas Kesehatan Pasaman Barat
Dinas Kesehatan Pasaman Barat

Empat orang warga Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan satu orang sudah dinyatakan sembuh.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Jon Hardi kepada Wartawan Topsumbar di Simpang Empat, Kamis (18/06/2020). “Benar, ada empat orang warga Ophir yang terjangkit DBD, saat ini tiga orang dirawat di Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina Simpang Empat dan satu orang lagi sembuh dari penyakit DBD,” kata nya.

“Hari Senin, 15 Juni 2020, kita mendapatkan informasi dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Jambak Pasaman Barat, ada satu orang warga Ophir jenis kelamin perempuan usia 20 tahun, sembuh dari penyakit DBD,” sambungnya.

Bacaan Lainnya

Keesokan harinya, Jon Hardi dan tim melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) dan penyuluhan ke lokasi rumah warga terjangkit DBD.

Jon Hardi menambahkan, semalam kita dapat laporan lagi bahwa ada penambahan kasus DBD sekitar tiga orang dan langsung dirawat ke RS Ibnu Sina Simpang Empat.

“Hari ini kita kembali melakukan penyelidikan dan penyuluhan di lokasi dan ditemukan jentik nyamuk, untuk itu besok pada hari Jumat kita langsung melakukan gotong royong bersama masyarakat membersihkan lingkungan setempat,” sebutnya.

“Selanjutnya pada hari Sabtu 20 Juni 2020, kita akan melakukan foging (pengasapan) ke lokasi,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu membersihkan dan menjaga lingkungan. Sehingga jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak dan masyarakat terhindar dari penyakit DBD. (SR)

Pos terkait