Hari Pertama Penyaluran BLT di Padang Panjang Berjalan Lancar

Hari pertama tahap pertama penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) bagi masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Padang Panjang, Sabtu (02/05/2020) berjalan lancar.

“Alhamdulillah, untuk hari pertama tahap pertama ini berjalan lancar,” ujar Pimpinan Cabang Bank Nagari Padang Panjang, Zulhendri, SE, dihubungi Topsumbar.co.id siang ini.

Dikatakan Zulhendri, pada hari pertama tahap pertama penyaluran BLT, pihaknya menyalurkan untuk dua kelurahan di Kota Padang Panjang yang terdiri dari satu kelurahan di Kecamatan Padang Panjang Barat, dan satu kelurahan di Padang Panjang Timur.

Bacaan Lainnya

“Untuk hari pertama ini Kelurahan Tanah Pak Lambiak (Timur) dan Kelurahan Tanah Hitam (Barat) dengan total penerima di dua kelurahan tersebut sebanyak 296 KK. Selanjutnya akan dibagikan ke seluruh kelurahan secara bergiliran,” ujarnya.

Adapun terkait data masyarakat penerima BLT, sebut Zulhendri, data penerima sesuai daftar yang diberikan Pemko Padang Panjang cq Dinas Sosial dan bukan wewenang Bank Nagari.

“Kami hanya membayarkan sesuai daftar nama-nama yang diberikan Pemko Padang Panjang cq Dinas Sosial,” terangnya.

Terpisah, Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, usai penyerahan BLT bagi warga, mengatakan bantuan yang disalurkan bagi masyarakat terdampak musibah Covid-19 berasal dari realokasi anggaran APBD Pemerintah Kota Padang Panjang tahun anggaran 2020.

“Hari ini kita salurkan BLT senilai Rp 1.200.000 atau untuk dua bulan sekaligus, April dan Mei, dari tiga bulan yang direncanakan. Dengan kata lain setiap bulannya warga menerima Rp 600 ribu per bulan dan bantuan ini langsung kita serahkan door to door ke rumah masyarakat,” ujar Wako Fadly.

Selain dari APBD Kota Padang Panjang, kata Walikota, ada juga bantuan lainnya dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dan Pemerintah Provinsi. Khusus untuk provinsi bantuan disalurkan melalui kantor pos.

Terkait penerimaan BLT, ia mengingatkan kepada masyarakat penerima untuk bijak di dalam menggunakan dana BLT yang diterima.

“Ditengah situasi seperti ini, masyarakat diharapkan bijak dalam menggunakan dana tersebut, usahakan dahulu untuk kebutuhan pokok agar tercukupi untuk tiga bulan ke depan,” ujar Walikota mengingatkan.
.
Kemudian yang tidak kalah pentingnya, sebut Walikota, bagi masyarakat yang terdampak tetapi belum terdata, harap bisa melapor ke Dinas Sosial dengan membawa fotokopi KTP dan KK.

Pada penyaluran tahap pertama dihari pertama, Walikota turut didampingi Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra, Pimpinan Cabang Bank Nagari Zulhendri, SE, Kepala Dinas Kominfo, Ampera, Kepala Satpol PP, Albert Dwitra, Kabag Protokol Junaidi, OPD terkait, Lurah, RT dan PSM Kelurahan.

(AL)

Pos terkait