Tahanan Polres Pessel Diminta Bacakan Rukun Islam

AKBP. Cepi Noval Kapolres Pesisir Selatan
AKBP. Cepi Noval Kapolres Pesisir Selatan

PESISIR SELATAN, TOP SUMBAR — Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, S,Ik. terus melanjutkan safari binaan rohani dan mental (birontal). Dalam sel tahanan Mapolres Pessel, Jumat (20/12/2019) bersama para Kasat dan anggota nya, Kapolres yang pernah viral di media sosial ini melaksanakan sholat Jumat berjamaah.

Kapolres Cepi Noval mengatakan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan iman dan taqwa. Salah satunya dengan kegiatan pembinaan rohani dan mental, dan keagamaan. Khususnya bagi para tahanan. 

Usai melakukan shalat Jumat berjamaah, Cepi Noval memberikan kultum pada para tahanan. Pembinaan rohani dan mental (birontal), adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat, dengan mengharuskan tahananya melaksanakan shalat Jumat berjamaan. Dan, melaksanakan shalat lima waktu berjamaah.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas keimanan, khususnya bagi tahanan yang ada di Polres Pessel,” tegas Cepi.

Saat berkomunikasi dengan beberapa tahanannya, Kapolres Pessel cukup kaget saat ada beberapa orang tahanan yang tidak hafal apa itu rukun Islam dan rukun iman, tidak melaksanakan shalat lima waktu, dan tidak mengenal kalimat syahadat. 

Hal seperti itu harus dirubah, maka pembinaan rohani dan mental (birontal) terus dilakukan bagi tahanan yang ada di Polres Peseel. Dengan harapan  kelak usai menjalani hukuman, rohani dan mental mereka bisa  berubah. Dan tidak mengulangi perbuatanya lagi.

Dengan adanya kegiatan birontal, shalat lima waktu berjamaah, shalat Jumat berjamaah, dan kegiatan keagamaan lainya. Diharapkan, para tahanan bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaanya. Dengan begitu, mereka akan merasa ragu untuk kembali mengulangi perbuatanya. 

Kedepan, seluruh tahanan yang ada diharuskan melaksanakan puasa sunat, Senin dan Kamis. “Kasihan keluarga, anak dan istri. Karena perbuatan kita ini, keluarga menjadi korbanya,” kata Kapolres Pessel AKBP. Cepi Noval mengingatkan tahanan. (RD)

Pos terkait