Ekspose Data Statistik, BPS Sumbar Adakan Capacity Building Wartawan

Suasana acara Capacity Building Wartawan yang diselenggarakan oleh BPS sumbar

PADANG, TOP SUMBAR — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, mengadakan Capacity Building Wartawan dalam rangka Ekspose Data Statistik BPS Provinsi Sumatera Barat, yang diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel Kota Padang dan dihadiri para pimpinan perusahaan pers, wartawan serta undangan lainnya, Rabu (12/12).

Selain berdiskusi masalah pendataan acara juga diisi dengan penandatanganan MoU BPS Provinsi Sumatera Barat dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat Sukardi, dalam sambutannya mengatakan penyebaran data ke masyarakat sangatlah penting dan sangat berpengaruh luas pada segala aspek. Ia juga memaparkan fungsi dari BPS.

“Berdasarkan undang-undang, disebutkan tugas dan peranan yang harus dijalankan oleh BPS adalah menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen, atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder,” kata Sukardi.

Dilanjutkan Sukardi, membantu kegiatan statistik di departemen, lembaga pemerintah atau institusi lainnya, dalam membangun sistem perstatistikan nasional.

“Mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik, dan menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik. Serta membangun kerjasama dengan institusi internasional dan negara lain untuk kepentingan perkembangan statistik Indonesia,” jelasnya.

Disebutkan Sukardi, BPS lembaga yang indenpenden yang siap memberi data kepada masyarakat. BPS juga siap menerima kritikan dalam penyajian berbagai data.

Sementara itu Dekan UIN Ahmad Wira sangat apresiasi pada BPS yang mau kerjasama dalam berbagi, dan menyajikan data dengan UIN Imam Bonjol Padang. (Syafri)

Pos terkait