Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang · 1 Okt 2017 00:38 WIB ·

Peringati 8 Tahun Gempa Padang, Warga Dihimbau Intropeksi Diri


 Peringati 8 Tahun Gempa Padang, Warga Dihimbau Intropeksi Diri Perbesar

PADANG, TOP SUMBAR– Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang, Faisal Nasir menyampaikan dalam mengenang Gempa 30 September (G 30 S) yang sudah memasuki usia 8 tahun ini masyarakat Kota Padang diminta untuk mengintropeksi dirinya dalam kehidupan sehari-hari, seperti perilaku dan moral, karena yang mendatangkan bencana, ujian dan musibah itu Allah SWT.

Ia menilai, memang Kota Padang daerah yang rawan terhadap segala bencana, namun kedatangan bencana tersebut bisa ditunda, dialihkan oleh pencipta jika masyarakatnya masih beriman, bertaqwa dan ingat kepada Allah. Untuk itu marilah kita semua menyerahkan diri kepada Allah, agar kita selalu dilindungi dari berbagai bencana yang akan datang dikemudian hari.

Selain itu juga, ke depan Pemerintah Kota Padang diharapkan terus memberikan sosialisasi Mitigasi Bencana di kota ini, tujuannya agar jika musibah terjadi warga tidak panik nantinya serta kerugian materi dan bangunan dapat berkurang jumlahnya dari yang sudah terjadi ini, sebut kader PAN ini.

Amrizal Hadi, Anggota DPRD Kota Padang Fraksi NasDem menghimbau kepada masyarakat Kota Padang agar tidak terpancing isu hoax terkait gempa dan tsunami yang akan terjadi nantinya. Masyarakat harus jeli mendengarkan informasi dari beberapa pihak, seperti Lurah, Camat dan BPBD. Tujuannya agar kesiapan warga untuk menyelamatkan diri tidak sia-sia nantinya jika musibah terjadi serta kekecewaan masyarakat juga tidak timbul akibat tidak datang bencana di kemudian hari.

Selain itu, kewaspadaan masyarakat juga harus ada dalam menghadapi bencana yang akan datang nanti, agar kerugian masyarakat tidak terlihat nanti serta keselamatan warga dapat terwujudkan. Masyarakat harus pro aktif dan jangan lengah dalam persoalan ini, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak dialami nantinya serta kerugian besar tidak terlihat juga, ujarnya yang juga Anggota Komisi IV ini.

Iswandi Muchtar, Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang lainnya meminta kepada Pemko Padang untuk mempersiapkan jalur evakuasi terkait musibah yang akan datang nanti, ini agar masyarakat terarah menyelematkan diri serta kepanikannya tidak terlihat bila bencana terjadi. Shelter pelarian dan penyelamatan haruslah ada, demi terciptanya keselamatan pada masyarakat serta dapat meminimalisir jatuhnya para korban jiwa.

Selain itu, pemberian pemahaman kepada para peserta didik terkait Mitigasi Bencana disekolah-sekolah harus rutin diberikan oleh para guru-guru, ini karena pengalaman sebelumnya banyak para korban yang berjatuhan dari kalangan pelajar, mahasiswa yang penyebabnya mereka tidak paham, mengerti terkait penyelamatan menghadapi bencana. Ia berharap pemko padang melalui Dinas Pendidikan menerapkan hal ini, agar peserta didik tahu serta jika bencana terjadi mereka tidak gegabah dalam mengambil keputusan, ujar kader PKB ini. (H/B)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Miko Kamal: Festival Batang Arau Bakal Digelar Akhir Tahun

25 November 2022 - 11:34 WIB

Insya Allah, Agustus 2023 Nanti Anggota DPRD Tempati Gedung Baru

16 November 2022 - 17:02 WIB

Top Travelers Media Network Gagas Donasi Promo UMKM Dukung Pemulihan Pasca COVID-19

16 November 2022 - 16:44 WIB

Maju Calon Ketua IDI Sumbar Ini Visi dan Misi Dr Andani Eka Putra

16 November 2022 - 10:43 WIB

3 Blogger Jadi Best of The Best Lomba Blog KIP Sumbar

15 November 2022 - 22:54 WIB

Jenazah Lansia Tanpa Identitas di Rumah Sakit Bhayangkara Padang, Ini Ciri-Cirinya

15 November 2022 - 22:09 WIB

Trending di Padang