Tim Penilai Sumbar Mengunjungi Delfit Swandri

158

Tim penilai Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumbar melakukan fact finding pemilihan Pemuda Pelopor tahun 2021 hari ini Kamis (22/07) di Kabupaten Sijunjung.

Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menyambut langsung kedatangan tim penilai yang dipimpin oleh Dewita Murni, ST, M.Pd dari Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumbar bersama anggota dari Dinas Pangan serta Dinas Perindag.

Dalam sambutannya Wabup Sijunjung mengatakan pesan Bung Karno “Beri aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

“Delfit adalah seorang PPS (Penyuluh Pertanian Swadaya) yang sangat inovatif, apalagi mengingat pertanian adalah sektor andalan terutama dimasa pandemi ini” ujar Wabup millenial ini.

“Semoga aktivitas Delfit ini menjadi motivasi bagi pemuda lainnya untuk berkiprah dalam memajukan daerah dan membangun bangsa,” tutur Wabup Sijunjung.

Delfit Swandri, S.Pt adalah Pemuda Pelopor dari Kabupaten Sijunjung sedang mengikuti penilaian tingkat Propinsi Sumbar pada bidang Inovasi Teknologi.

Dalam eksposnya selama 15 menit dalam Balairung Lansek Manih dihadapan Wabup Sijunjung, Sekda, Kadisparpora bersama Kabid Pemuda dan staff, Sekcam Sijunjung, Wali Nagari Muaro, Ketua KNPI serta Pemuda Pelopor Nasional 2019 Yunike Filmar dengan antusiasnya Delfit Swandri, S.Pt menyampaikan kegiatan sehari-hari.

Seolah tak ingin tradisi juara nasional berpindah dari Kabupaten Sijunjung, Delfit Swandri, S.Pt menceritakan tentang teknologi pola integrasi pertanian yang sudah lama digelutinya.

Melalui usaha tani kopi robusta telah memberi manfaat terhadap galo-galo yang menghasilkan madu untuk dijual, kemudian pupuk untuk tanaman kopi dan sayuran berasal dari kotoran ayam, kambing dan sapi yang diolah menjadi pupuk organik.

Disela-sela aktivitasnya mendiseminasikan teknologi jajar legowo padi sawah yang dulu diejek masyarakat, Delfit juga mengusahakan penjualan benih porang yang akhir-akhir ini menjadi primadona dan benih kopi robusta.

Delfit Swandri, S.Pt yang juga aktif di KTNA dan KNPI ini juga telah mengakses teknologi Alsintan dalam berusaha tani, hal ini tergambar dalam video testimoni yang disampaikan Wabup Sijunjung Iraddatillah, S.Pt, Koordinator BPP Kecamatan Sijunjung Jabir, SST serta Wali Nagari Muaro Hafidzun, S.Pd. I.

Dewan juri yang juga berperan melakukan pembinaan ini sangat tertarik dengan pola integrasi yang disampaikan Delfit Swandri, S.Pt karena jiwa dan semangat enterpreneur sangat dibutuhkan saat ini.

(Gun)

loading...