Sijunjung Berpotensi Menjadi Sentra Pisang Kepok Tanjung di Sumatera

277

Sijunjung | Topsumbar – “Sijunjung berpotensi menjadi sentra Pisang Kepok Tanjung di Pulau Sumatera” demikian disampaikan Edison HS selaku narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Pisang Kepok Tanjung di Muaro Bodi pada Selasa (14/6).

Bimtek Pisang Kepok Tanjung diikuti oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kecamatan IV Nagari dan Kecamatan Kupitan berlokasi di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan IV Nagari menghadirkan pakar Pisang Kepok Tanjung yang juga merupakan pemulia dan inovator dari Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika ketika masih berdinas.

Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S. Pt yang menjadi pembicara dalam acara Bimtek Pisang Kepok Tanjung ini menjelaskan bahwa Pisang Kepok Tanjung adalah inovasi yang layak dikembangkan di Kabupaten Sijunjung.

“Kita prihatin pisang batu lokal sudah mulai langka diakibatkan karena penyakit, sementara kebutuhan daerah kian meningkat” demikian sambutan Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt.

“Mari kita bergerak bersama-sama untuk menolong para petani kita dengan penerapan varietas unggul dan mengurangi pemakaian pupuk kimia” lanjut Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt.

“Pelaku usaha di Pekanbaru saat ini mendatangkan pisang dari Nias, peluang ini bisa kita manfaatkan kedepannya dan kita bersama Aries (Aries Dwi Putra, red) serta Dagperinkop telah menjajaki kerjasama ini” Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S. Pt memotivasi peserta Bimtek.

“Tidak mungkinlah saya menggurui bapak dan ibu yang lebih berpengalaman dalam bidang pertanian, apalagi disini hadir Pak Berijon (Berijon Iskanto, red) yang sudah pernah ke Jepang” ujar Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt mengakhiri sambutannya memotivasi peserta Bimtek Pisang Kepok Tanjung.

Bimtek Pisang Kepok Tanjung dihadiri juga oleh Sekretaris Dinas Pertanian Dewi Shinta Ananda, S.Pt, Kabid Tanaman Pangan Hendra, SP, M.Si serta Kepala UPTD-Benih TPH Raji’un, A. Md.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S. Pt beserta seluruh peserta Bimtek selanjutnya melakukan penanaman perdana Pisang Kepok Tanjung di lahan Demplot BPP Kecamatan IV Nagari.

(Gun)

loading...