Peringati HPN 2021, Polda Sumbar Gelar Baksos Donor Darah dan Donor Plasma

116
Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) Gelar Bakti Sosial Donor Darah dan Donor Plasma
Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) Gelar Bakti Sosial Donor Darah dan Donor Plasma

Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar)  menggelar Bakti Sosial dalam bentuk Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen, Kamis (18/02/2021) pagi di ruang Jenderal Soekanto Mapolda Sumbar.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH didampingi Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik dan Kabiddokkes Kombes Pol drg. Lisda Cancer menyebut, donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2021.

“Ada sekitar 300 personel yang akan melaksanakan donor darah. Ini diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Kapolda menuturkan, selain donor darah, dalam kegiatan sosial tersebut juga dilakukan donor plasma konvalesen.

“Diambil dari mereka (penyintas Covid-19) dengan alat yang ada di rumah sakit. Jadi merupakan kegiatan sosial yang rutin kita lakukan,” ungkapnya.

Donor plasma konvalesen merupakan metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Sementara, Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu menyebut, dari 300 personel yang direncanakan ini, sebanyak 232 yang bisa melakukan donor. “Donor plasma 46, yang lulus screening 12 orang. Donor darah 138 orang,” ujarnya.

Dari 138 pendonor darah tersebut, terkumpul sebanyak 42 kantong golongan darah A, 32 kantong golongan darah B, 9 kantong golongan darah AB, dan 55 kantong golongan darah O.

(Ka)

loading...