Peringatan Harkitnas di Padang Panjang Berlangsung Khidmat, Kapolres Pimpin Upacara Tabur Bunga di TMP Kusuma Sakti

170

Padang Panjang | Topsumbar – Peringatan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) yang ke 114 tahun di Kota Padang Panjang, Jumat, (20/5/2022), berlangsung khidmat.

Rangkaian acara diawali upacara Harkitnas ke 114 di halaman Kantor Balai Kota Padang Panjang dengan inspektur upacara Wakil Walikota Drs. Asrul.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan ziarah nasional ke TMP Kusuma Sakti Padang Panjang dengan inspektur upacara Kapolres Padang Panjang AKBP. Novianto Taryono S.H, S.IK, MH.

Melansir siaran pers Humas Polres Padang Padang yang diterima Topsumbar.co.id dari Bripka. Ciputra, Jumat (20/5) malam, diterangkan rangkaian ziarah nasional diawali dengan laporan perwira upacara dan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.

“Acara dirangkai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh komandan upacara dan peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah dilanjutkan pembacaan doa untuk arwah pahlawan serra penghormatan terakhir dan laporan komandan upacara,” terangnya.

Lebih lanjut diterangkan, upacara berjalan khidmad di tandai dengan mengheningkan cipta selama lebih kurang satu menit.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita semua,” terangnya lagi.

Lanjut, setelah upacara selesai, Kapolres Padang Panjang Novianto selaku inspektur upacara meletakkan karangan bunga di tugu peringatan pahlawan dan dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan bersama wakik wali kota dan forkopimda Kota Padang Panjang.

Kapolres Padang Panjang Novianto menjelaskan upacara tabur bunga adalah sebagai wujud upaya penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

“Diharapkan semangat juang para pahlawan tersebut akan selalu merasuk ke dalam jiwa raga kita untuk menjaga rasa nasionalisme ,” tegas Kapolres.

(AL)

loading...