Yanto Dominasi Perolehan Suara pada Pemilihan Ketua BWKS Periode 2024-2027

Yanto Dominasi Perolehan Suara pada Pemilihan Ketua BWKS Periode 2024-2027

TOPSUMBAR – Yanto berhasil mendominasi perolehan suara dalam pemilihan ulang Ketua Balai Wartawan Kota Sawahlunto (BWKS) untuk periode 2024-2027.

Pemilihan ulang ini dilakukan setelah mundurnya ketua terpilih sebelumnya yang belum sempat dikukuhkan.

Acara pemilihan ulang ini diadakan pada Senin, 13 Mei 2024 di Waroeng Pak Harto, Kota Sawahlunto.

Bacaan Lainnya

Yanto, seorang jurnalis senior yang telah lama berkecimpung di berbagai media cetak dan online sejak tahun 1990-an, menjadi kandidat terkuat dan memperoleh banyak dukungan dari rekan-rekan jurnalis.

Selain dikenal sebagai jurnalis, Yanto juga memiliki latar belakang sebagai seniman dan mantan vokalis band rock di Kota Padang pada tahun 1970-an.

Dikenal dengan nama panggung Yanto Pengembara atau Yanto Ula, ia sering tampil dengan ular besar melilit tubuhnya sambil membawakan lagu-lagu dari band legendaris seperti The Beatles, The Bee Gees, Deep Purple, dan The Rollies.

Yanto sering tampil diacara rutin pada hari Rabu dan Sabtu malam minggu di Taman Wisata Yoga dekat Lapangan Imam Bonjol Padang kala itu.

Ia juga bergabung dengan berbagai grup Band kota Padang di era Lime Stone, Marianis Band, Ganto Minang dan Limexs Band, Family Joins dan lainnya.

Setelah hijrah ke Sawahlunto pada tahun 1980-an dan menikah, kemudian menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS),
Yanto bergabung dengan grup Band Praja Musika balaikota Sawahlunto Pimpinan Ali Warman alias Ali Kribo yang juga Pimpinan Majesty Musik.

Berbagai grup band lokal yang pernah diikutinya seperti Praja Musika, Felix Band, Tamboria, Poska, dan lainnya.

Ia dikenal sebagai penyanyi spesialis lagu-lagu rock, baik dari Barat maupun Indonesia, meskipun juga menyukai lagu-lagu keroncong dan Minang.

Karier jurnalistik Yanto dimulai pada tahun 1990-an dan berlanjut hingga kini. Keaktifannya dalam dunia media membuatnya dipercaya oleh rekan-rekan wartawan untuk memimpin BWKS.

Dalam pemilihan ini, Yanto terpilih sebagai Ketua BWKS dengan Sekretaris Riswan Idris dan Bendahara Djasrizal Chan, serta beberapa seksi lainnya.

Dalam pidato singkatnya, Yanto menyatakan, “Saya akan berusaha maksimal dalam mengemban amanah dari seluruh anggota wartawan yang tergabung dalam BWKS dan akan mengutamakan kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadi,” ujarnya.

“Kita harus satu persepsi sebagai insan pers untuk selalu transparan, akuntabel, dan kritis dalam melakukan kontrol sosial serta menjalankan tugas jurnalistik berdasarkan kode etik dan Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers,” tambahnya.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait