Sitinjau Lauik Longsor, Gubernur Sumbar Turun Langsung Evakuasi Korban ke Dasar Jurang

Sitinjau Lauik Lonsor, Gubernur Sumbar Turun Langsung Evakuasi Korban ke Dasar Jurang

TOPSUMBAR – Musibah Longsor kembali melanda Sumatera Barat, yakni di kawasan Sitinjau Lauik pada Minggu sore 12 Mei 2024 sekitar pukul 16.15 WIB.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Sumbar, Mursalim, mengungkapkan bahwa saat kejadian, iring-iringan rombongan Gubernur Sumbar hampir menjadi korban.

Kejadian itu terjadi ketika mereka hendak melintas menuju Kota Padang setelah melakukan peninjauan bencana di Kabupaten Tanah Datar.

Bacaan Lainnya

“Meskipun kejadian itu berlangsung di hadapannya, beruntung Gubernur dan rombongan tidak menjadi korban,” kata Mursalim di Padang.

Mursalim juga menjelaskan bahwa dua unit kendaraan minibus terbawa material longsor ke dalam jurang.

Menurut informasi yang diterimanya dari tim di lapangan, Gubernur beserta rombongan tim humas dan beberapa warga langsung turun ke dasar jurang untuk melakukan evakuasi korban.

“Diketahui, ada 6 orang yang menjadi korban dari terseretnya dua kendaraan minibus tersebut. Salah satunya terjepit pintu dan mengalami luka kritis, sementara 5 orang lainnya mengalami luka-luka,” jelas Mursalim.

Proses evakuasi korban masih berlangsung, namun Gubernur dan rombongan mengalami kesulitan karena keterbatasan peralatan dan pencahayaan.

“Saat ini, saya tidak bisa memastikan apakah regu penolong telah sampai di lokasi atau belum, karena saya tidak ikut dalam rombongan. Saya hanya menerima laporan melalui telepon dari Tim Humas yang bertugas mengiringi Gubernur di lapangan,” tambahnya.

Mursalim juga menginformasikan bahwa ia telah menghubungi Dinas BMCKTR dan BPBD Sumbar untuk membantu penanganan korban dan pembersihan material longsor di lokasi kejadian.

Ia berharap bantuan dari instansi terkait dapat segera tiba.

(adpsb/bud)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait