Akses Jalan Utama Menuju Kabupaten Tanah Datar Ditutup, Ini Jalur Alternatifnya

Akses Jalan Utama Menuju Kabupaten Tanah Datar Ditutup, Ini Jalur Alternatifnya

TOPSUMBAR – Musibah banjir bandang yang terjadi di Sumatera Barat pada Sabtu, 11 Mei 2024 telah menimbulkan luka yang mendalam khususnya bagi daerah terdampak.

Daerah yang terdampak banjir bandang dan longsor tersebut yakni, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan yang terparah di Lembah Anai.

Selain itu, banjir bandang juga telah menimbulkan dampak yang besar khususnya pada fasilitas publik di daerah terdampak.

Bacaan Lainnya

Lembah Anai yang merupakan akses utama Kota Padang menuju Bukittinggi bahkan ke Provinsi tetangga pun mengalami putus total akibat tergerus banjir bandang.

Selain Lembah Anai, sejumlah titik di Kabupaten Tanah Datar juga mengalami dampak yang sangat parah akibat banjir bandang tersebut.

Dinas PUPR Tanah Datar telah merilis jalur-jalur alternatif yang dapat dilalui pengendara menuju Kabupaten Tanah Datar. Jalur tersebut yakni:

  1. Dari Kota Solok, pengendara dapat melalui jalur alternatif via Sawahlunto – Talawi – Padang Ganting – Batusangkar,
  2. Dari Kota Padang, pengendara dapat melalui jalur alternatif via Malalak – Bukittinggi – Baso – Batusangkar,
  3. Dari Kabupaten Agam, pengendara dapat melalui jalur via Baso – Batusangkar.

Sedangkan jalur Padang – Batusangkar via Lembah Anai tidak dapat dilalui, karena jalur tersebut mengalami Putus Total.

Kemudian, jalan dari Ombilin dan jalan Kubu Karambia juga ditutup sementara, karena masih terdapat material banjir dan longsor.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait