Haji 2024, Bupati Pasaman Barat Lepas 331 Jemaah Calon Haji Menuju Tanah Suci

Haji 2024, Bupati Pasaman Barat Lepas 331 Jemaah Calon Haji Menuju Tanah Suci

TOPSUMBAR – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tahun 2024 resmi dilepas bupati dan wakil bupati. Hal itu ditandai dengan pemasangan kacu secara simbolis pada jemaah haji serta penyerahan bendera rombongan.

Pelepasan JCH asal Pasaman Barat itu dilakukan di aula kantor bupati setempat pada, Kamis (16/5/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi. S. Ag menyampaikan ucapan selamat atas keberangkatan calon jemaah haji Pasbar yang akan berangkat pada 20 Mei 2024 itu. Ia berpesan kepada jemaah calon haji, agar senantiasa menjaga kesehatan dan fokus menjalankan ibadah selama di tanah suci.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, kita telah menunggu bertahun-tahun. Sekarang tiba masanya bapak ibu dipanggil oleh Allah SWT ke rumahnya. Kita dari Pasbar merupakan salah satu jemaah calon haji terbanyak setelah Padang dan Agam, inilah bukti kita kaya dan beriman. Kepada bapak ibu, mohon do’akan kami di sini. Mohon do’akan kampung halaman kita agar dilindungi dan dijauhkan dari musibah dan marabahaya,” pinta Hamsuardi.

Disamping itu juga disampaikan Kakankemenag Pasbar, Rali Tasman menyebutkan bahwa jemaah calon haji Pasbar tahun 2024 ini berjumlah 331 orang, yang terdiri dari 148 jemaah laki-laki dan 183 jemaah perempuan.

Untuk keberangkatan ke tanah suci jelasnya, petugas dan jemaah berangkat pada tanggal 20 Mei dan kembali ke indonesia pada 1 juli 2024.

Kepada jemaah calon haji kami menghimbau untuk menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji di Mekah. Menurutnya, menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji merupakan hal yang utama diperhatikan oleh para jamaah, karena percuma ketika sudah di Mekah tapi dalam keadaan sakit.

“Selain itu kita juga harus menjunjung tinggi martabat bangsa. Berikutnya, bertingkah laku sopan saat di tanah suci, dan banyak berdoa di tempat yang mustajab,” ujarnya saat pelepasan jamaah haji berlangsung di Simpang Empat.

Rali Tasman selaku panitia haji juga mengimbau, para jamaah asal Kabupaten Pasaman Barat harus saling menjaga dan tolong menolong di tanah suci, serta diharapkan dapat memperluas ukhuwah Islamiyah dengan sesama jamaah sebagai bentuk iman kepada Allah SWT.

“Demikian pun saya meminta kepada bapak ibu untuk bisa saling menjaga dan tolong menolong di sana, serta diharapkan dapat memperluas ukhuwah islamiyah dengan sesama jamaah,” tegasnya.

Selain itu, Rali Tasman juga mengingatkan untuk disiplin mengatur waktu dan mengikuti setiap arahan pembimbing, serta petugas haji yang ditunjuk.

Dilaporkannya juga, bahwa ada dua jemaah dari Pasbar akan bergabung dari Kabupaten Pasaman dan Pesisir Selatan.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa jemaah haji tertua dari Pasbar berusia 83 tahun atas nama Nurhilal asal Lembah Melintang, dan jemaah termuda atas nama Raisa Fitria berusia 21 tahun asal Kinali.

“Sebagai pendamping selama di tanah suci Turut ialah ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas kesehatan, paramedis, dan lain sebagainya. Ada juga tim pemandu haji daerah yakni Sekda Hendra Putra, drg Yandri, dan Hartasani,” paparnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait