Pj. Wako Payakumbuh Jasman Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2024

Pj. Wako Payakumbuh Jasman Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2024
Pj. Wako Payakumbuh Jasman Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2024Pj. Wako Payakumbuh Jasman Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2024

TOPSUMBAR – Pj. Walikota Payakumbuh, Jasman Dt. Bandaro Bendang, turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Singgalang 2024” untuk pengamanan Idul Fitri 1445H di Polres Payakumbuh pada Rabu, 03 April 2024.

Acara tersebut dipimpin oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari dan dihadiri oleh Forkopimda Payakumbuh, Kasat Pol PP Dony Prayuda, pejabat Polres Payakumbuh, Kabid Dalop Dinas Perhubungan Yulhendri, dan Kabid Tibum Pol PP Payakumbuh Jasriyal.

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan pasukan oleh pemimpin apel dan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat Singgalang 2024 kepada perwakilan satuan stakeholder vertikal, termasuk TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub.

Bacaan Lainnya

Kapolres Wahyuni Sri Lestari menyampaikan bahwa pada tahun lalu, indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan dan penanganan arus mudik mencapai 89,5 persen, meningkat 15,7 persen dari tahun 2022. Dia menegaskan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan capaian tersebut sesuai amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Berdasarkan survei Kemenhub RI untuk arus mudik 1445H, diperkirakan terjadi pergerakan masyarakat sebanyak 193,6 juta orang, meningkat 56,4 persen dari tahun 2023.

Dalam rangka pengamanan, telah disiapkan 5.784 pos, termasuk 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu. Di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh, terdapat 3 pos, dua di batas kota dan satu di pusat kota Payakumbuh, untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik.

Pj. Wali Kota Jasman menyatakan bahwa ribuan personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP disiagakan selama mudik dan lebaran Idul Fitri 1445H di Kota Payakumbuh. Dia mengimbau kepada personel yang bertugas untuk menjaga kesehatan dan stamina.

Selain itu, Jasman mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik untuk memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan, seperti mencabut gas dan stop kontak, serta meninggalkan lampu depan menyala. Dia berharap agar perjalanan mudik lebaran masyarakat dapat berjalan lancar tanpa kendala.

(TON)

Pos terkait