Seleksi Paskibraka 2024 Dibuka, Pemko Payakumbuh Gelar Upacara Pembukaan

Seleksi Paskibraka 2024 Dibuka, Pemko Payakumbuh Gelar Upacara Pembukaan

TOPSUMBAR – Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, yang diwakili oleh Asisten III Ifon Satria Chan, memimpin upacara pembukaan seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Balai Kota Payakumbuh pada Selasa, 26 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Ifon mengapresiasi kepada Polres Kota Payakumbuh, Kodim 0306/50 Kota, Batalyon 131 Braja Sakti, Denzipur 2/PS, Kementerian Agama, Cabdin Wilayah 4.

Bacaan Lainnya

Serta, Purna Paskibraka Kota Payakumbuh atas dukungan mereka dalam pembentukan Paskibraka 2024.

“Semoga ini menjadi awal yang baik untuk terselenggaranya seleksi Paskibraka tahun 2024 yang fair, transparan, serta bebas dari unsur KKN di Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa proses rekrutmen dan seleksi calon Paskibraka menggunakan dukungan aplikasi Transparansi Paskibraka sejak tahun 2023.

Hal Ini juga memungkinkan proses seleksi dapat di pantau dan hasilnya dapat di akses oleh semua pihak.

“Pemko berusaha memberikan kesempatan yang sama kepada para pelajar di Kota Payakumbuh untuk mendaftar sebagai calon Paskibraka melalui aplikasi tersebut,” katanya.

Sebanyak 317 pelajar dari 25 SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Kota Payakumbuh mendaftar pada aplikasi Transparansi Paskibraka tersebut.

Hal ini menunjukkan animo yang tinggi dari generasi muda untuk terus berpartisipasi dalam pengkaderan calon pemimpin Indonesia masa depan.

Pemko menekankan bahwa semua proses seleksi akan di lakukan secara fair dan transparan oleh semua pihak terkait, dan peserta akan di nilai berdasarkan kompetensinya.

“Harapannya semua peserta dapat mengikuti seluruh proses seleksi dengan baik. Semoga yang terpilih dapat menjadi duta sekolah, agen perubahan, bahkan role model dalam mengemban tugas negara,” tambahnya.

Kegiatan tersebut berakhir dengan penyerahan tanda peserta dari Pemko Payakumbuh kepada perwakilan tim seleksi. Kemudian, kepada perwakilan peserta sebagai tanda bahwa seleksi Paskibraka 2024 Kota Payakumbuh telah resmi di mulai.

Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh, Dipa Surya Persada, mengungkapkan bahwa pada akhir seleksi akan di pilih 27 pasang atau 54 putra-putri sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

“Mereka juga akan bertugas dalam Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-79 dan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Kota Payakumbuh,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait