KPU Sijunjung Lakukan Evaluasi Badan Ad Hoc Pemilu 2024 se-Kabupaten

KPU Sijunjung Lakukan Evaluasi Badan Ad Hoc Pemilu 2024 se-Kabupaten

TOPSUMBAR – KPU Kabupaten Sijunjung melakukan evaluasi badan ad hoc Pemilu 2024 se-kabupaten pada Kamis, 4 April 2024 di Muaro Sijunjung.

“Terimakasih kepada komisioner terdahulu yang banyak membantu tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sijunjung,” ujar Ketua KPU Sijunjung Dori Kurniadi saat pembukaan acara.

“Berkat dukungan penyelenggara Pemilu dan bantuan seluruh pihak, tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Sijunjung. No PSU, No PSU, No PSU,” ujar Dori membakar semangat PPK, PPS dan sekretariat PPS yang hadir.

Bacaan Lainnya

Tampil sebagai pembicara dalam evaluasi itu adalah peneliti dari Revolt Institute Dr. Eka Vidya Putra, M.Si, yang juga pengajar UNP.

“Berbicara tentang Pemilu ditinjau dari output adalah berhasil. Karena telah terpilih anggota legislatif dan terpilih presiden/wakil presiden meskipun ada proses lanjutan di MK,” Eka mengungkapkan.

“Tetapi ditinjau dari outcome, Pemilu kita masih belum memenuhi harapan, karena belum berhasil mewujudkan kesejahteraan rakyat,” Eka menyampaikan.

Pada kesempatan yang dihadiri oleh ketua bersama seluruh anggota KPU, Bayu Agung Perdana, Juni Wandri, Ria Meilani serta Susila Andika dan sekretaris KPU, diserahkan juga hadiah kepada penyelenggara Pemilu 2024.

Nagari dengan partisipasi masyarakat tertinggi adalah Nagari Lubuk Tarantang (93,43%), disusul Nagari Tanjung Kaliang (91,63%) dan Nagari Sungai Betung (89,18%).

TPS dengan partisipasi masyarakat tertinggi yaitu TPS 002 Nagari Lubuk Tarantang (100%). Kemudian TPS 901 Nagari Muaro (98,92%) dan TPS 006 Nagari Aie Amo (97,94%).

Untuk kategori penginputan daftar pemilih terstruktur dimenangkan oleh PPK Kupitan, PPK Sijunjung dan PPK IV Nagari.

Flashback Pemilu 2024, pada 14 Juni 2022 tepat 20 bulan menjelang pelaksanaan Pemilu, dilakukan launching oleh Mendagri di Jakarta dan diikuti secara virtual di KPU Sijunjung oleh Wakil Bupati H. Iraddatillah, S.Pt bersama Forkopimda.

“Indonesia adalah negara dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi didunia, yaitu 81%,” ujar Mendagri saat launching.

Tanggal 9 Juli 2023, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si menerima kirab Pemilu 2024 di RTH Logas, sekaligus memperkenalkan maskot “Sura” dan “Sulu”.

Setelah sukses dihari pencoblosan 14 Februari 2024, akhirnya pada 28 Februari 2024 tuntas sudah rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Sijunjung.

“Kesuksesan ini adalah berkat kesungguhan serta koordinasi yang baik dari Bapak dan Ibu semuanya,” ujar Komisioner KPU Juni Wandri.

“Terimakasih yang tak terhingga kepada Bapak serta Ibu yang akan berakhir masa pengabdiannya pukul 00.00 Wib malam ini dan semoga kita bersua kembali dalam tahapan Pilkada 2024,” tutupnya haru.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait