HJK Pesisir Selatan Ke-76, Wujudkan Pasisia Rancak dan Bermartabat dalam Segala Bidang Kehidupan

HJK Pesisir Selatan Ke-76, Wujudkan Pasisia Rancak dan Bermartabat dalam Segala Bidang Kehidupan

TOPSUMBAR – Kabupaten Pesisir Selatan merayakan Hari Jadi Kabupaten (HJK) ke-76 tahun pada Senin, 22 April 2024.

Perayaan ini ditandai dengan rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan yang digelar di Gedung PCC Pemkab Pesisir Selatan.

Rapat tersebut mengusung tema “Wujudkan Pasisia Rancak dan Bermartabat Dalam Segala Bidang Kehidupan Masyarakat”.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen, memimpin rapat paripurna istimewa yang dihadiri oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

Pada kesempatan tersebut, juga disampaikan paparan singkat mengenai sejarah terbentuknya Kabupaten Pesisir Selatan.

“Euforia dan seremoni pada moment peringatan HJK ini, bukan hanya sekadar ungkapan kegembiraan semata. Namun semakin menambah rasa cinta kita terhadap Kabupaten Pesisir Selatan,” ungkap Ermizen.

Menurutnya, peringatan HJK tersebut menjadi tonggak awal dalam melakukan evaluasi terhadap masa lalu, memotivasi untuk menatap masa depan, serta menilai situasi saat ini.

“Kita perlu meningkatkan kebersamaan, komitmen, dan tekad bersama untuk menyamakan persepsi, visi, dan misi dalam membangun Kabupaten Pesisir Selatan ke depan,” tambahnya.

Tokoh Masyarakat Pesisir Selatan, Yulizar Yunus Datuk Rajo Bagindo, turut menyampaikan ucapan selamat merayakan HJK Pesisir Selatan ke-76 (15 April 1948 – 15 April 2024).

Dalam sambutannya, Yulizar membahas sejarah dan kekayaan budaya Pesisir Selatan berupa benda dan tak benda yang tersebar secara integral dalam tiga wilayah kultur di Pesisir Selatan.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat, Maswar Dedi, menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-76.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir terus mengoptimalkan perencanaan pembangunan dan melakukan terobosan dalam pembangunan daerah.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap membantu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” ungkapnya.

Dalam pidatonya, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyampaikan bahwa peringatan HJK Pesisir Selatan setiap tahunnya bertujuan untuk meninjau sejarah dan menggali potensi daerah.

Pada peringatan HJK kali ini, Rusma Yul Anwar juga mengingatkan terkait peristiwa banjir dan tanah longsor yang melanda daerah tersebut pada tanggal 7-8 Maret 2024 lalu.

“Masyarakat Pesisir Selatan dan pemerintah daerah terus berupaya memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Dengan menyalurkan bantuan sembako, seperti cadangan beras sebanyak 419 ton, dan diharapkan dapat meringankan beban para koban,” jelasnya.

Rusma Yul Anwar juga menegaskan bahwa pemilihan pasca bencana harus dilakukan dengan cepat, dan Pemerintah Provinsi merespon baik usulan tersebut.

Acara peringatan HJK Pesisir Selatan ke-76 tersebut dihadiri oleh perwakilan bupati/walikota di Sumbar, serta perwakilan dari kabupaten tetangga seperti Kerinci, Sungai Penuh, dan Muko-Muko.

Turut hadir Forkopimda Pesisir Selatan, anggota DPRD Pesisir Selatan, Kepala OPD Provinsi Sumbar, Kepala OPD Pemkab Pesisir Selatan, Kepala BUMN dan BUMD.

Camat se-Kabupaten Pesisir Selatan, Wali Nagari se-Kabupaten Pesisir Selatan, tokoh masyarakat, bundo kanduang, ninik mamak, dan undangan lainnya.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait