Eks KRI Teluk Bone 511 Aman di Talao Pauh Pariaman, Perkuat Keamanan Kapal

Eks KRI Teluk Bone 511 Aman di Talao Pauh Pariaman, Perkuat Keamanan Kapal

TOPSUMBAR – Eks Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Bone 511 telah berhasil bersandar di Talao Pauh, Kota Pariaman, setelah mengalami tantangan cuaca ekstrem di Laut Pariaman.

Kapal tersebut sempat terombang-ambing di tengah laut akibat dua jangkar yang putus pada hari Minggu, 31 Maret 2024.

“Alhamdulillah, kapal perang Eks KRI Teluk Bone 511 telah aman menepi di Talao Pauh, Pariaman. Saya sangat bersyukur, Allah memudahkan urusan kita di bulan Ramadan ini,” ujar Pj Wali Kota (Wako) Pariaman, Roberia pada Senin, 1 April 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam rangka menjaga keamanan kapal tersebut, tali jangkar besar telah digunakan untuk mengikatnya pada pohon di sekitar lokasi.

“Pentingnya komitmen kita bersama untuk melakukan penyelamatan kapal tersebut, terlebih KRI Teluk Bone 511 merupakan satu-satunya Eks KRI yang dihibahkan ke Pemerintah Daerah,” tambahnya.

Rencana teknis penarikan kapal ke daratan sedang disusun, dengan melibatkan rapat antara Pemko Pariaman, Lantamal II Padang, dan berbagai instansi terkait lainnya.

Sebelumnya, KRI Teluk Bone 511 merupakan milik US Navy dengan nama USS Iredell Country. Telah berdinas dalam berbagai misi mulai dari Perang Dunia II hingga perang Vietnam sebelum diserahkan kepada Pemerintah Indonesia pada 12 Desember 1970.

“Dengan bersandarnya Eks KRI Teluk Bone 511 di Talao Pauh tersebut akan menjadi daya tarik wisatawan baru,” kata Kadis Syahbandar TNI Lantamal II Padang, Letkol Laut Agus Rizal.

Seluruh peserta rapat telah menyepakati posisi Eks KRI Teluk Bone 511 berada di Talao Pauh, Desa Pauh Barat, Pariaman Tengah.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait