5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Lebaran di Kabupaten Sijunjung

5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Lebaran di Kabupaten Sijunjung. (Foto: Dok.Istimewa)
5 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Lebaran di Kabupaten Sijunjung. (Foto: Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Menyambut momen istimewa Lebaran, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, mempersembahkan lima destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin merasakan pesona alam dan kekayaan budaya yang memikat.

5 Destinasi Wisata di Kabupaten Sijunjung

Terletak di kawasan yang memukau, inilah lima destinasi wisata yang akan membuat liburan Lebaran Anda di Kabupaten Sijunjung menjadi tak terlupakan.

1. Telabang Sakti

Telabang Sakti, Kabupaten Sijunjung

Bacaan Lainnya

Telabang Sakti adalah salah satu tempat wisata yang terbilang spesifik di Kabupaten Sijunjung.

Berdiri sejak puluhan tahun lalu, tempat ini menyajikan taman yang menyejukkan dengan pepohonan kelapa sawit yang berbaris rapi. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan beberapa kolam pemandian yang menyejukkan dengan air yang jernih.

Kompleks wisata ini juga menyediakan wahana bermain anak, kafe/kantin makan, dan kios-kios kuliner yang menyediakan berbagai kuliner khas Sijunjung.

Akses menuju wisata Telabang Sakti cukup mudah untuk dikunjungi. Berjarak hanya 9 kilometer dari Simpang Terminal Kiliranjao, Nagari Muaratakung. Tepatnya di pinggir jalan lintas Sumatera Sijunjung-Riau, yakni Kenagarian Kamang, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung.

2. Taman Ngalau Basurek

Taman Ngalau Basurek, Kabupaten Sijunjung

Ngalau Basurek merupakan salah satu tempat wisata gua yang ada di Sijunjung. Nama ngalau basurek sendiri jika diartikan dalam bahasa Padang berarti gua yang terdapat tulisan di sisi mulutnya.

Saat akan memasuki ngalau, pengunjung disarankan untuk membawa alat penerangan yang banyak disediakan oleh pedagang kaki lima di area mulut ngalau.

Lokasi tempat wisata ini berada di Muaro Silokek, Sijunjung, Sumatera Barat. Untuk harga tiket masuk berbeda-beda. Saat weekday(Senin sampai Kamis) harga tiket Rp 5.000, dan naik dua kali lipat ketika weekend (Jumat, Sabtu dan Minggu).

3. Pincuran Tujuh

Pincuran Tujuh, salah satu destinasi wisata utama di Nagari Muaro, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Menurut Joni, pemilik kolam renang, tempat ini awalnya adalah sebuah kolam ikan seluas 1 hektar. Karena desakan dari anak-anak sekitar rumah yang kerap berenang di kolam ikan miliknya , Joni akhirnya mengubahnya menjadi kolam renang.

Kolam renang ini dikelola secara pribadi oleh Joni dan keluarganya, dengan memungut biaya masuk dari para pengunjung.

Biaya masuknya sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor serta Rp 5.000 untuk mobil.

Air untuk kolam renang berasal dari mata air alami yang mengalir dari bukit di sekitar lokasi, sehingga kolam terus mendapatkan pasokan air yang segar.

Nama “Pincuran Tujuh” diberikan karena menggunakan mata air pincuran tujuh dari bukit.

4. Air Terjun Batang Taye

Air Terjun Batang Taye terletak di Nagari Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, yang masih terletak di kawasan Desa Wisata Silokek yang terkenal dengan upayanya dalam melestarikan keindahan alam.

Desa Wisata Silokek menjadi tujuan utama bagi para pecinta alam dengan beragam objek wisata, mulai dari goa hingga air terjun yang menakjubkan.

Salah satu daya tarik utamanya adalah Air Terjun Batang Taye yang unik dengan delapan tingkatannya, menambah pesona tersendiri bagi pengunjung.

5. Puncak Jonjang Kambiang

Destinasi wisata Puncak Jonjang Kambiang adalah salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Salah satu ciri khas Puncak Jonjang Kambiang adalah panorama matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

Pengunjung bisa menyaksikan langit yang berubah warna dari perpaduan nuansa oranye, merah, dan ungu saat matahari menyingsing atau tenggelam di balik gunung-gunung yang mempesona.

Selain menikmati keindahan alamnya, Puncak Jonjang Kambiang juga menyuguhkan aktivitas lain seperti trekking melalui jalur-jalur alam yang menantang. Bagi pencinta fotografi, Puncak Jonjang Kambiang menyuguhkan pemandangan yang sempurna untuk diabadikan.

Dengan keindahan alam yang memukau dan keragaman destinasi wisatanya, Kabupaten Sijunjung merupakan tempat yang sempurna untuk merayakan liburan Lebaran bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Jelajahi lima destinasi wisata yang telah disebutkan dan rasakan keajaiban alam serta kehangatan keramahan masyarakat Kabupaten Sijunjung yang akan membuat liburan Anda menjadi tak terlupakan.

(MH)

Pos terkait