3 Destinasi Wisata Unik di Sumatera Barat untuk Liburan Lebaran yang Berkesan

bukit guguak sarai

3. Desa Wisata Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang berlokasi di sebuah kota kecil di Provinsi Sumatera Barat, yakni Kota Padang Panjang.

Keunikan desa ini terletak pada sistem jual belinya yang berbeda, di mana pengunjung menukarkan uang rupiah dengan mata uang khusus yang berlaku di desa tersebut.

Bacaan Lainnya

Nah setelah mata uang tersebut ditukarkan pengunjung dapat membelanjakan uang tersebut dengan kuliner khas sumatera barat dan souvenir dari desa tersebut.

Selain keunikan sistem ekonominya, desa wisata ini juga menawarkan pengalaman seni daerah yang sangat istimewa kepada pengunjung.

Salah satu kesenian yang menarik untuk disaksikan adalah silek lanyah. Kesenian ini terbilang cukup unik karna menampilkan gerakan silat di persawahan yang masih basah dan berkubang.

Silek lanyah biasanya diadakan ketika akan membajak sawah sesudah melakukan panen raya.

Tidak hanya itu, keunikan desa wisata kubu gadang juga terlihat dari pakaiannya.

Para wanita melayani wsatawan dengan mengenakan kostum khas yang disebut “baju saisuak” atau “baju jaman dulu”. Istilah ini bukan hanya mengacu pada desain pakaiannya, tetapi juga usia dari pakaian tersebut.

Pada umumnya pakaian saisuak sudah tua karena merupakan pakaian yang diwariskan dari kakek dan nenek kepada keturunannya yang saat ini menjadi penggerak desa wisata Kubu Gadang.

Dengan keindahan alamnya yang menawan dan warisan budayanya yang kaya, Sumatera Barat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

(MH)

Pos terkait