Yota Balad Tinjau Rampcheck, Pastikan Angkutan Lebaran di Pariaman Aman dan Nyaman

Yota Balad Tinjau Rampcheck, Pastikan Angkutan Lebaran di Pariaman Aman dan Nyaman
Yota Balad Tinjau Rampcheck, Pastikan Angkutan Lebaran di Pariaman Aman dan Nyaman

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, bersama dengan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumatera Barat, M. Majid, Jasa Raharja, dan Dishub Kota Pariaman, menyaksikan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (Rampcheck) di Terminal Tipe A Jati Pariaman pada Rabu, 20 Maret 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kelayakan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) menjelang lebaran 2024.

Yota Balad menekankan pentingnya peningkatan pelayanan dan keamanan bagi para penumpang, terutama angkutan yang datang malam hari.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin Dishub Kota Pariaman bekerja sama dengan BPTD untuk meningkatkan pelayanan angkutan yang datang dari Jakarta atau daerah lain, termasuk penjagaan dan keamanan di sekitarnya,” ujarnya.

Yota Balad juga melihat potensi mudik tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini dikarenakan banyak pengusaha yang memiliki mobil angkutan dengan pelayanan yang lebih baik, sehingga menarik minat perantau untuk mudik dengan aman dan nyaman.

“Untuk Terminal Jati, kami akan terus melakukan pembenahan untuk kenyamanan penumpang, seperti menyediakan AC di ruang tunggu, membersihkan mushalla, dan fasilitas lainnya,” terang Yota Balad.

M. Majid menjelaskan bahwa Rampcheck dilakukan serentak di lima terminal di Sumatera Barat mulai dari 21 Februari hingga 31 Maret 2024.

“Lima terminal tersebut adalah Terminal Tipe A Jati Pariaman, Terminal Anak Air Kota Padang, Terminal Bareh Solok, Terminal Simpang Aur Bukittinggi, dan Terminal Kiliran Jao di Sijunjung,” ungkap M. Majid.

Petugas Rampcheck memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan, kondisi ban, dan kelaikan jalan kendaraan. Kendaraan yang tidak laik jalan akan ditilang dan diminta untuk melakukan perbaikan.

“Ada dua jenis stiker yang ditempelkan pada kendaraan, yaitu stiker laik jalan dan stiker laik jalan dengan catatan perbaikan,” jelas M. Majid. “Hal ini untuk memastikan kondisi kendaraan, pengemudi, dan awaknya sudah sesuai dengan standar keselamatan di jalan raya.”

Kegiatan Rampcheck ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para penumpang selama angkutan lebaran 2024.

(Zaituni)

Pos terkait