Kemensos Salurkan Bantuan Tunai untuk 118 YAPI Kota Pariaman

Kemensos Salurkan Bantuan Tunai untuk 118 YAPI Kota Pariaman
Kemensos Salurkan Bantuan Tunai untuk 118 YAPI Kota Pariaman

TOPSUMBAR – Muhammad Roem, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, mengatakan bahwa Kemensos salurkan bantuan tunai sebesar 200 ribu perbulan pada hari Selasa, 26 Maret 2024.

Hal ini dikatakan Muhammad Roem diruang kerjanya saat meting bersama dengan Grace Emisari dan Desmayeni, bidang Restorasi Sosial Kemensos yang diperbantukan di Kota Pariaman saat acara pembahasan tentang bagaimana tata cara penyaluran dana bantuan langsung tunai untuk anak yatim piatu (YAPI).

Menurut Grace, anak yatim piatu di kota pariaman ada sekitar 500 orang, tetapi untuk menerima bantuan dari Kemensos tersebut ada kriterianya.

Bacaan Lainnya

“Orang yang memenuhi syarat yang bisa menerima bantuan dari Kemensos ini adalah anak yang kondisi kehidupannya masuk dalam katagori miskin dan tidak memiliki orang tua angkat yang menjamin keberlangsungan hidupnya, jadi kita seleksi calon penerima sesuai data yang ada pada kita, karena bantuan tersebut cuman tersedia sebanyak 118 orang,” ujar Grace.

Sementara itu, Desmayeni menambahkan, “Pada periode tahun 2023 lalu, untuk bantuan dari Kemesos langsung tunai ini, Yapi Kota Pariaman mendapatkan bantuan sebanyak 113 orang dan itu telah kita salurkan”.

“Namun untuk tahun ini ada perubahan system, dimana dananya disalurkan melalui rekening bank Mandiri sementara di Kota Pariaman tidak ada Kantornya, Bank Mandiri adanya hanya di Lubuk Alung – Kabupaten Padang Pariaman”.

“Jika anak-anak kita ini mengurusnya langsung ke Lubuk Alung, tentu prosedurnya akan ribet, uangnya tidak seberapa, apa lagi saat ini sedang suasana Bulan Ramadhan jelang Idul Fitri dimana kebutuhan lebaran sangat-sangat mereka dambakan, sementara dana yang akan mereka gunakan untuk transportasi pulang-pergi ke Lubuk Alung saja sudah berapa, makanya kita ambil kebijakan agar pegawai Bank mandirinya kita datangkan ke Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota pariaman ini dan disinilah nantinya anak-anak Yatim Piatu itu menerima rekening yang akan mereka terima seterusnya setiap tiga bulan sekali,” ucap Desmayanti yang diamini oleh Elget personal Dinas Sosnaker Kota Pariaman.

(Zaituni)

Pos terkait