TSR Sumbar dan Kota Payakumbuh Kunjungan di Masjid Al Husna dengan Buka Puasa Bersama

TSR Sumbar dan Kota Payakumbuh Kunjungan di Masjid Al Husna dengan Buka Puasa Bersama

TOPSUMBAR – Tim Safari Ramadhan (TSR) mengawali kunjungan ke Masjid Al Husna Tambago, Payakumbuh Utara dengan buka puasa bersama hingga Tarawih Berjamaah.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat, 15 Maret 2024 yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) dari TSR Sumbar dan Pj. Wali Kota (Wako) Payakumbuh yang diwakili oleh Sekda.

Rombongan TSR Sumbar diikuti oleh Danlanud Sutan Sjahrir, dan Rombongan TSR Payakumbuh diikuti oleh Kepala Cabang Bank Nagari Payakumbuh, Plt. Direktur RSUD Adnaan WD, dan Komandan Pos-AU Piobang Lanud Sutan Sjahrir.

Bacaan Lainnya

Gusti Yondri, pengurus Masjid Al Husna menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada TSR Sumbar dan Payakumbuh yang telah berkunjung ke masjid tersebut.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas kedatangan rombongan TSR ke masjid ini. Dari sini rombongan TSR dapat menyaksikan secara langsung bagaimana kondisi masjid kami ini. Saat ini Masjid Al Husna sedang proses pemugaran, semoga dapat selesai sesuai dengan harapan kita bersama” ujarnya.

“Pemugaran yang tengah kita lakukan ini menggunakan hasil swadaya dari seluruh masyarakat Tambago. Saya mewakili warga disini, sangat berharap adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Kota Payakumbuh,” tambahnya.

“Semoga kedatangan bapak/ibu disini dapat memberikan harapan dalam penyelesaian proses pemugaran masjid ini. Semoga masjid ini dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tambago khususnya,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Gusti menyampaikan harapan masyarakat Tambago terhadap pembangunan yang sedang dilakukan di Masjid Al Husna tersebut.

Ia menjelaskan bahawasanya, masjid tersebut sedang dalam tahap pemugaran. Oleh karena itu, ia dan masyarakat setempat berharap adanya bantuan dari pemerintah sehingga dapat mempercepat proses pemugaran.

Pj.Wako Payakumbuh yang diwakili oleh Sekda Rida Ananda, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga dan pengurus mesjid Al-Husna Tambago.

“Alhamdulilah, kami sangat senang sekali atas perhatian warga masyarakat Tambago dalam menyambut kami,” ungkapnya.

Rida turut menyampaikan permintaan maaf dari Pj.Wako Payakumbuh, Jasman yang tidak bisa hadir langsung ke masjid Al Husna karena adanya agenda kerja.

Ia juga menyinggung perhatian khusus Pemko Payakumbuh terhadap penanggulangan kemiskinan ekstrim dan masalah pembuangan sampah. Ia menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan masalah tersebut secara bersama-sama dengan masyarakat.

“Kita masih menemukan masyarakat Payakumbuh yang masih dalam kategori miskin ekstrem. Sesuai data, saat ini di Kota Payakumbuh masih terdapat 4,5 persen masyarakat dalam kategori miskin ekstrem. Oleh karena itu, angka ini harus kita hilangkan agar tidak ada lagi masyarakat kita yang tergolong miskin ektrem,” ungkapnya.

“Pemko saat ini masih terus berupaya melakukan negosiasi dengan Pemprov sumbar terkait permintaan TPA Regional. Semoga TPA Regional ini dapat dikelola oleh Pemko Payakumbuh,” ujarnya.

Rida juga menyampaikan bahwa persoalan yang dirasakan masyarakat dapat disampaikan dalam kegiatan TSR yang saat ini berlangsung. Dengan begitu, Pemerintah Daerah dapat membantu menjawab keluhan dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.

Ketua DPRD Provinsi Sumatra Barat, Supardi, menekankan pentingnya kerja sama dalam menanggulangi masalah kemiskinan ekstrim dan stunting.

“Tentu untuk melakukan pengentasan kemiskinan ini, kita perlu adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Mari saling bahu-membahu dalam mengatasi hal tersbeut,” ujaknya.

“Secara keseluruhan, Payakumbuh berada di tingkat tiga Nasional daerah yang masih terdapat kasus stunting. Mari kita selesaikan permasalahan stunting ini, terutama bagi ibu-ibu. Tingkatkan pengetahuan mengenai stunting, agar tidak lagi terjadi kasus stunting terhadap anak dan keturunan kita kelak,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Ustadz Samsuardi dengan tema “bagaimana membangun rumah tangga yang harmonis agar bahagia dunia akhirat”.

Kunjungan diakhiri dengan TSR Provinsi Sumbar salurkan bantuan untuk Masjid Al Husna berupa uang tunai senilai Rp 50 Juta dan 20 Al Quran.

Selain itu, Bank Nagari Cabang Payakumbuh juga turut memberikan bantuan berupa uang senilai Rp 10 Juta untuk melanjutkan pembangunan masjid.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait