TPID Limapuluh Kota Bersama Forkopimda Gelar High Level Meeting Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

TPID Limapuluh Kota Bersama Forkopimda Gelar High Level Meeting Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

TOPSUMBAR – Menghadapi potensi kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Limapuluh Kota, bersama Bank Indonesia (BI), Bulog, dan Forkopimda, menggelar High Level Meeting (HLM) di Ruang Rapat Bupati pada Selasa, 26 Maret 2024.

Dalam pertemuan tersebut, kepala Bulog Bukittinggi, Sri Wahyuni, kepala Bank Indonesia Endang Kurnia Saputra, dan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, memaparkan langkah-langkah untuk menekan angka inflasi.

Dalam paparannya, Bupati Safaruddin menekankan pentingnya kolaborasi dalam mengantisipasi lonjakan harga, terutama menjelang H-10 dan H+10 Lebaran.

Bacaan Lainnya

“Sinergitas bersama sangat diperlukan untuk menjaga stabilitas harga, pengelolaan permintaan, kelancaran distribusi, serta ketersediaan bahan pokok,” ungkapnya.

Bupati Safaruddin juga menjelaskan beberapa langkah pengendalian inflasi yang telah dilakukan oleh TPID Limapuluh Kota.

Langkah tersebut seperti alokasi APBD senilai Rp 13 miliar untuk penanggulangan inflasi di tahun 2023, pemantauan harga bahan pokok setiap hari.

Kemudian pengecekan stok beras di Bulog, serta bantuan pangan bagi 3000 KK miskin ekstrem dan Gerakan Pangan Murah di sejumlah titik di Limapuluh Kota.

“Terselenggaranya HLM TPID 2024 di harapkan dapat memperkuat kolaborasi semua pihak demi menjaga pertumbuhan ekonomi Kabupaten Limapuluh Kota,” pungkasnya.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endang Lestari, menyatakan dukungannya terhadap upaya TPID melalui pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di sejumlah titik di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Bank Indonesia siap membantu dalam penyelenggaraan GPM melalui fasilitasi biaya perlengkapan dan biaya angkut komoditas pangan,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait