Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati Safaruddin-Rizki, Limapuluh Kota Terus Bersinar dengan Berbagai Prestasi 

Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati Safaruddin-Rizki, Limapuluh Kota Terus Bersinar dengan Berbagai Prestasi 

TOPSUMBAR – Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri, memasuki tahun ketiga kepemimpinannya.

Selama tiga tahun kepemimpinannya, telah meraih sejumlah prestasi yang membanggakan.

Sejak dilantik pada 26 Februari 2021, pemerintahan mereka telah mengukir prestasi dengan meraih 76 penghargaan hingga tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Salah satu pencapaian utama adalah menjadi Juara Umum MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023.

Limapuluh Kota berhasil meraih prestasi tersebut dengan mengungguli 18 Kabupaten/Kota lainnya dengan kekuatan 71 Kafilah dan 49 official.

Sedangkan di bidang pendidikan, Bupati Limapuluh Kota menjadi satu-satunya kepala daerah di Sumatera Barat yang mendapatkan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Korps Guru Nasional.

Bupati Safaruddin juga meraih penghargaan “Best Leader of The Years” dalam kategori Penguatan Adat Budaya Minangkabau pada Anugerah Padang TV Award 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin menjelaskan bahwa fokus pemerintahannya adalah pengembangan masyarakat madani.

Upaya ini mencakup sektor sosial, pendidikan dasar, beasiswa untuk siswa kurang mampu, bantuan tempat ibadah, serta jaminan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota juga mendapatkan Dana Insentif Fiskal sebagai apresiasi atas pencapaian kinerja dalam percepatan belanja daerah.

Tahun 2023, mereka berhasil meraih Rp. 5.823.162.000,-. Selain itu, Limapuluh Kota mendapatkan penghargaan nasional dan provinsi untuk tingkat penurunan stunting tertinggi.

Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Limapuluh Kota meningkat dari 70,82% pada tahun 2020 menjadi 72,05% pada tahun 2023.

Pertumbuhan ekonomi juga mengalami peningkatan signifikan dari 1,16% pada tahun 2020 menjadi 4,60% pada tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota aktif dalam membangun, melindungi, dan mendukung Program Kekayaan Intelektual di tahun 2023.

Dalam pengakuan atas usaha ini, Kabupaten Limapuluh Kota menerima penghargaan dari Kemenkumham RI.

Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota kembali mendapatkan dana insentif fiskal sebesar Rp 7.123.654.000,-.
Sebagian dana tersebut akan dialokasikan untuk perbaikan 70 unit Rumah Tidak Layak Huni.

Dengan sejumlah prestasi dan agenda prioritas pengembangan masyarakat, pemerintahan Safaruddin dan Rizki terus berkomitmen untuk menjadikan Limapuluh Kota lebih maju dan berkembang.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait