Suara PDI Perjuangan dan Alex Indra Lukman di Pemilu 2024 Melonjak Naik di Sumatera Barat

Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman. Foto: Dok. Istimewa.

TOPSUMBAR – Pada Pemilu 2024, PDI Perjuangan berhasil memperoleh dukungan yang mengesankan dari masyarakat di Dapil I Provinsi Sumatera Barat.

PDI Perjuangan berhasil meraih 169.883 suara, yang menandai lonjakan signifikan sebesar 197% dari hasil Pemilu 2014 yang hanya mencapai 86.423 suara.

Salah satu sorotan utama dari hasil Pemilu 2024 ini adalah kenaikan drastis dukungan pada sosok Alex Indra Lukman.

Bacaan Lainnya

Nama Alex dicoblos secara langsung dan mendapat 68.393 suara, menandai peningkatan 298% dari Pemilu sebelumnya pada tahun 2019, yang hanya mencapai 22.937 suara.

Alex Indra Lukman yang juga Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, mengungkapkan rasa hormatnya atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat.

Dirinya kembali mewakili masyarakat Sumbar di DPR RI periode 2024-2029.

Dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sumatera Barat yang telah mempercayakan suaranya pada PDI Perjuangan.

Alex menggarisbawahi bahwa meskipun pada Pemilu 2019 lalu PDI Perjuangan tidak berhasil mendapatkan kursi di DPR RI dari Sumatera Barat. Komitmen PDI Perjuangan dalam melayani masyarakat tidak pernah surut.

Tagline kampanye “rekam jejak, bukan rekam janji” tampaknya berhasil menyentuh hati masyarakat yang tercermin dalam peningkatan signifikan dalam perolehan suara partai.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, dan berjanji untuk menjawab kepercayaan tersebut dengan memberikan kinerja terbaik.” katanya melalui rilis tertulis, Kamis 21 Maret 2024.

Di periode sebelumnya, Alex Indra Lukman telah dipercaya sebagai Bendahara Fraksi PDIP di DPR RI.

Dapil I Sumatera Barat meliputi 11 kabupaten/kota, termasuk Kota Padangpanjang, Kabupaten Tanahdatar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kota Padang.

Secara nasional, PDI Perjuangan berhasil meraih suara terbanyak dengan total 25.387.279 suara, berdasarkan Keputusan KPU RI 360/2024 tentang Hasil Pemilu 2024.

Diikuti oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra di posisi kedua dan ketiga.

Dari hasil rekapitulasi perolehan suara yang telah disampaikan oleh KPU Sumatera Barat, daerah penyumbang suara terbesar bagi PDI Perjuangan adalah Pesisir Selatan, diikuti oleh Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, Kepulauan Mentawai, Sijunjung, dan Tanah Datar.

Alex Indra Lukman juga memperoleh dukungan yang signifikan dari Kota Padang, Kepulauan Mentawai, dan Dharmasraya, yang masing-masing menjadi tiga daerah penyumbang terbanyak bagi suaranya.

(HT)

Pos terkait