Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Bank Indonesia Kendalikan Inflasi Jelang Hari Raya Idul Fitri

Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Bank Indonesia Kendalikan Inflasi Jelang Hari Raya Idul Fitri

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mengadakan High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Bank Indonesia (BI).

Pertemuan yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, kepala kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bukittinggi, Organda, KADIN, BULOG, BPS, dan berbagai OPD teknis lainnya.

Pertemuan yang diinisiasi oleh Asisten II Bidang ekonomi dan Pembangunan tersebut berlangsung di aula pertemuan Randang Lt. III Kantor Wali Kota Payakumbuh pada Selasa, 19 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam laporan yang disampaikan oleh Jasman, Kota Payakumbuh tidak termasuk dalam daftar kota yang terhitung dalam indeks inflasi.

Namun demikian, acuan inflasi untuk kota ini mengacu pada angka inflasi Provinsi Sumatera Barat. Dan, Pada bulan Februari 2024 lalu mencapai 3,23 persen (yoy), lebih tinggi dari angka nasional sebesar 2,75 persen.

Kenaikan inflasi ini terutama dipengaruhi oleh beberapa komoditas, termasuk cabai merah, beras, minyak goreng, cabai hijau, dan jengkol.

“Untuk mengatasi hal ini, Pemko Payakumbuh telah mengimplementasikan sejumlah program. Seperti pemantauan harga pasar, operasi beras SPHP, bazar atau pasar murah, serta penyaluran bantuan pangan oleh Bulog,” ujarnya.

Meskipun demikian, masih teradpat berbagai kendala yang dihadapi, seperti curah hujan yang tinggi, keterbatasan lahan pertanian, dan meningkatnya kebutuhan komoditas pangan.

Untuk mengatasi ini, langkah-langkah strategis seperti pencanangan gerakan menanam tanaman pangan dan hortikultura serta kerjasama dengan daerah lain telah ditempuh.

Melalui HLM TPID ini, diharapkan inflasi dapat terkendali dan kebutuhan masyarakat di Kota Payakumbuh dapat terpenuhi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sebagai langkah lanjutan, Pemko Payakumbuh akan menghadirkan narasumber dari Bank Indonesia untuk memperkuat langkah-langkah dan strategi dalam mengendalikan inflasi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait