Pentingnya Pemeriksaan IVA Test dan Sadanis untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Pentingnya Pemeriksaan IVA Test dan Sadanis untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

TOPSUMBAR – Sebanyak 30 peserta dari berbagai lapisan masyarakat di setiap Kelurahan Kota Solok mengikuti pertemuan advokasi tentang pelaksanaan IVA test.

Kegiatan berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Kota Solok pada Kamis, 28 Maret 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya edukasi terkait pemeriksaan IVA test dan Sadanis guna mencegah kanker serviks dan kanker payudara pada wanita.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota Solok, dr. Hiddyaturrahmi, M.Kes, membuka pertemuan tersebut dengan menghadirkan narasumber ahli.

Tujuannya adalah agar masyarakat memahami pentingnya gaya hidup sehat dan pemeriksaan rutin secara berkala guna mencegah penyakit.

Para peserta diharapkan akan menyebarkan informasi ini kepada orang-orang di sekitarnya.

Dr. H. Helwi Nofira, SpOG-K, sebagai narasumber, menjelaskan tentang deteksi dini kanker serviks melalui IVA test dan Pap Smear.

“IVA test menggunakan asam asetat pada leher rahim selama 1 menit untuk mendeteksi kelainan. Metode ini dianggap mudah dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Sedangkan Sadanis adalah pemeriksaan payudara secara khusus oleh tenaga kesehatan untuk mendeteksi dini kanker payudara,” ujarnya.

Pemeriksaan ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat kanker serviks dan kanker payudara.

Meskipun IVA test lebih mudah dilakukan dan lebih murah daripada Pap Smear, tetapi tetap memiliki manfaat yang sama dalam deteksi dini.

“Sebelum melakukan pemeriksaan, kita menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan reproduksi mereka dan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Hal ini akan membantu dalam meminimalkan risiko terkena kanker serviks dan kanker payudara,” pungkasnya.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait