Pemilu 2024, Lonjakan Partisipasi Pemilih di Kota Payakumbuh Meningkat Signifikan

Pemilu 2024, Lonjakan Partisipasi Pemilih di Kota Payakumbuh Meningkat Signifikan

TOPSUMBAR – Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, Kota Payakumbuh mencatat lonjakan signifikan dalam partisipasi pemilih.

Hal tersebut di umumkan dalam rapat Pleno tingkat kota pada Kamis, 29 Februari 2024 sore.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Wirzi Yasir, menyampaikan hasil yang membanggakan tersebut dalam sebuah jumpa pers.

Bacaan Lainnya

“Dengan bangga kami sampaikan bahwa partisipasi masyarakat Kota Payakumbuh pada Pemilu 2024 mengalami peningkatan yang signifikan dari Pemilu 2019. Berdasarkan hasil rekapitulasi dan pleno, tergambar bahwa 80,1% dari total 102.468 pemilih di Kota Payakumbuh, yaitu sebanyak 82.077 pemilih, telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak pada 14 Februari 2024,” ujar Wirzi, yang di dampingi oleh komisioner KPU Payakumbuh lainnya.

Ia berharap bahwa antusiasme dan lonjakan partisipasi masyarakat Kota Payakumbuh dalam menggunakan hak pilihnya akan berlanjut pada Pilkada 2024 mendatang.

Wirzi Yasir juga melaporkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kota Payakumbuh.

Menurutnya, Partai Golkar dan Partai Nasdem menjadi peraih suara terbanyak, masing-masing memperoleh empat kursi.

Di susul oleh PKB, PKS, PAN, Partai Demokrat, dan PPP, yang masing-masing mendapatkan tiga kursi. Sementara Partai Gerindra dan PBB meraih satu kursi masing-masing.

Setelah pleno, KPU Kota Payakumbuh langsung menyerahkan hasil Pemilu di Kota Payakumbuh kepada KPU Sumatera Barat.

Wirzi Yasir menegaskan bahwa meskipun hasil suara partai telah ditetapkan, penetapan nama calon anggota DPRD terpilih masih menunggu proses selanjutnya.

Wirzi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya Pemilu 2024 di Kota Payakumbuh, termasuk penyelenggara pemilu di tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan, TNI-Polri, pemerintah kota Payakumbuh, dan media massa.

“Berkat kerjasama, himbauan, dan sosialisasi kepada masyarakat, partisipasi pemilih di daerah kita menjadi meningkat,” tutupnya.

Pos terkait