Luapan Batang Malakutan Hantam Puluhan Hektar Sawah Siap Panen di Sawahlunto

Dedi Ardona, Kepala BPBD & Tim dilokasi Batang Malakutan, Selasa, 5 Maret 2024

TOPSUMBAR – Akibat tingginya intensitas curah hujan beberapa hari belakangan ini, telah terjadi beberapa titik bencana alam longsor dan musibah terhadap sawah penduduk.

Puluhan Hektar sawah penduduk yang terletak di belah sungai batang Malakutan Desa Talago Gunung Kec. Barangin, pada hari Selasa, 5 Maret 2024 menjadi rata disapu banjir luapan sungai tersebut.

Dedi Ardona, Kepala BPBD Sawahlunto mengatakan bahwa banjir bandang tersebut telah merusakkan sekitar 8 hektar padi yang akan di panen serta 10 hektar sawah baru siap ditanami.

Bacaan Lainnya

Banjir juga menghanyutkan tiga ekor ternak kambing milik warga. Kerugian akibat banjir tersebut di taksir mencapai sekitar Rp 300 Juta.

Zul Amri, Kepala Dusun Koto, Desa Talago Gunung membenarkan info tersebut, ia menjelaskan bahwa luapan banjir tersebut telah merusak puluhan hektar sawah.

“Luapan sungai Batang Malakutan yang hulunya dari Sulit Air Kab. Solok, sudah merusak puluhan hektar sawah yang sudah ditanami dan yang siap untuk dipanen,” ucapnya.

“Semoga Pemerintah dapat memberikan bantuan, terlebih jelang memasuki bulan Ramadhan ini harga beras lumayan mahal harganya,” tutupnya.

Pj Wako Zefnihan telah menugaskan pihak BPBD yang dipimpin Dedi Ardona untuk mendata kerugian serta dapat melakukan langkah-langkah penanganan darurat.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait