Persiapan Luar Biasa, Kapolres Solok Selatan Gunakan Perahu Tempel Cek TPS Terjauh

Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara bersama Ketua Cabang Bhayangkari Solok Selatan Ny. Desti Arief Mukti sebelum menaiki perahu mesin tempel menyusuri sungai Batang Hari menuju lokasi TPS terjauh dan sangat rawan.

TOPSUMBAR – Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara Didampingi Ketua cabang Bhayangkari Solok Selatan Ny. Desti Arief Mukti, menyusuri sungai Batang Hari.

Bersama Para Kabag dan kasat di lingkungan Polres Solok Selatan menggunakan perahu tempel menyusuri sungai Batang Hari, guna melakukan pengecekan persiapan pelaksanaan pemilu di lokasi TPS terjauh dan Sangat rawan di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.

Selasa, 6 Februari 2024 pukul 06.30 WIB para Perwira berkumpul di Mapolres untuk mendampingi Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara.

Bacaan Lainnya

Melakukan tugas negara guna pengecekan TPS terjauh yang berlokasi di daerah perairan sungai Batang Hari Jorong Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Perjalanan dimulai pada pukul 07.45 WIB menempuh jarak sepanjang 38 KM yang merupakan akses pelajar maupun masyarakat beraktivitas.

Perjalanan menuju Mapolsek Sangir Batang Hari membutuhkan waktu sekitar 90 menit, dan rombongan disambut oleh Kapolsek Sangir Batang Hari Iptu Wahyu.

Setelah melaksanakan sarapan pagi, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara kembali mengumpulkan rombongan serta memeriksa semua kelengkapan.

Personil Polsek Sangir Batang Hari serta dua orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) turut serta dalam rombongan tersebut.

Perjalanan menuju TPS terjauh dimulai dengan diawali perjalanan darat sepanjang 30 KM.

Rombongan menghadapi jalanan berbatu terjal, turunan curam, dan tikungan tajam dengan jurang di sebelahnya setelah melewati jembatan Sitapus.

Jalanan yang lembab karena hujan pada malam harinya menjadikan jalanan itu sangat licin.

Kondisi perjalanan sangat menguji nyali, memacu adrenalin dan membuat detak jantung berdegup kencang.

Setelah menempuh perjalanan selama 60 menit akhirnya rombongan sampai di Dermaga sungai penuh lubuk ulang aling selatan.

Di dermaga ini sudah tersedia dua unit perahu tempel (tempek, sebutan masyarakat setempat), yang dipesan dua hari sebelum berangkat.

Satu unit perahu mesin tempel milik warga tersebut memiliki mesin kapasitas 50 PK dan mampu mengangkut 15 orang.

Dari dermaga Sungai penuh lubuk ulang aling selatan, perjalanan dilanjutkan menuju jorong Talantam menggunakan perahu mesin tempel menyusuri derasnya arus sungai Batang Hari.

Meskipun semua rombongan sudah menggunakan pelampung sebelum menaiki perahu, tetapi rasa was-was masih terlihat di wajah rombongan disebabkan derasnya air, dan ombak air sungai yang masuk ke perahu.

Bersyukur perjalanan lancar dan perahu yang digunakan tidak memiliki kendala.

Lalu, Setelah menyusuri sungai Batang Hari selama 45 menit rombongan sampai di jorong Talantam.

Kepala jorong Talantam, anggota KPPS 01 Talantam dan Tokoh masyarakat setempat, Hendri menyambut kedatangan rombongan Kapolres Solok Selatan.

Setelah itu, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara bersama rombongan langsung menuju lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Talantam dan tempat penyimpanan surat suara sebelum digunakan setelah didistribusikan PPK ke jorong tersebut.

Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara berpesan kepada anggota KPPS agar dapat bekerja sungguh sungguh karena melalui pemilu ini masa depan bangsa ditentukan.

“Semua yang bertugas ditempat penyimpanan surat suara jangan sampai lengah, jika perlu semua kebutuhan termasuk obat-obatan disediakan disini.” ujarnya.

“Sehingga tidak ada alasan untuk meninggalkan tempat penyimpanan surat suara ini.” tambah Kapolres.

Ia melakukan pengecekan secara langsung di lokasi yang digunakan sebagai TPS maupun tempat penyimpanan sementara surat suara.

Hal ini bertujuan untuk menentukan tempatnya sudah cukup memadai atau tidak.

“Kita berharap pada saat pendistribusian surat suara nantinya cuaca cukup baik, sehingga debit air tidak naik.” ucapnya.

“Karena dari dermaga tadi ke daerah ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit menggunakan perahu tempel.” tambahnya.

Ia menyebutkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait pendistribusian surat suara, serta keamanan surat suara pada saat pendistribusian.

“Kita sampaikan karena ini wilayah perairan, harus diperhatikan betul agar surat suara yang akan digunakan tidak basah dan cacat sehingga harus benar-benar terjaga dan terlindungi dari air.” ucapnya.

TPS di daerah tersebut merupakan TPS terjauh dengan akses yang sulit dilalui, sehingga dikategorikan sangat rawan.

Ia juga menyatakan bahwa untuk pengamanan TPS di lokasi tersebut akan berbeda dengan TPS di daerah pusat kecamatan.

“Untuk di wilayah ini pengamanannya kita berikan perlakuan khusus mulai dari pendistribusian surat suara dan pengamanan TPS pada saat pencoblosan kita tugaskan dua orang personil setiap TPS.” ucapnya.

Rika rahim koordinator divisi (Kordiv) data bersama Yudi Marta Dendri Kordiv Teknis PPK Sangir Batang hari menyebutkan di wilayah tersebut terdapat tiga Nagari denga jumlah TPS 18 buah.

“Rinciannya Lubuk Ulang Aling Selatan 956 orang dengan Tujuh TPS, Lubuk ulang aling tengah 934 orang lima TPS dan lubuk ulang aling induk 1639 orang dengan enam TPS.” katanya.

Sedangkan pendistribusian surat suara akan direncakan pada H-1 pemilu 2024 mendatang.

“Kita berharap cuaca cukup bagus sehingga pendistribusian surat suara ini tidak mengalami hambatan.” ungkapnya.

“Kita akan gunakan tiga perahu tempel untuk pendistribusian surat suara nantinya.” tambahnya.

Setelah melaksanakan kegiatan di Jorong Talantam, rombongan kembali ke Mapolres Solok Selatan, dan sampai pada sore hari.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait