Dokter Kesehatan Polres Solok Selatan Cek Kesehatan KPPS-PPK, Ada Apa?

Tim Dokkes Polres Solok Selatan Aiptu Silvia Usman saat pengecekan kesehatan petugas PPK dan KPPS di Kecamatan Sangir

TOPSUMBAR – Tim dokter dari Klinik Polres Solok Selatan telah meluncurkan program pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan tersebut diberikan kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Berdasarkan instruksi Kapolda Sumbar, kami menyelenggarakan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi petugas KPPS dan PPK. Banyak petugas yang mengalami kelelahan, kata Kapolres Solsel AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara menegaskan pentingnya program tersebut untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan para petugas.

Beberapa kasus di daerah lain menunjukkan bahwa beberapa petugas KPPS mengalami penurunan kesehatan akibat kelelahan.

“Dengan adanya bantuan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan, diharapkan petugas dapat tetap sehat hingga penghitungan suara selesai,” ucapnya.

Aiptu Silvia Usman dari tim dokter kesehatan Klinik Polres Solok Selatan menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan mencakup beberapa aspek.

Pemeriksaan kesehatan tersebut mencakup pemeriksaan jantung, tekanan darah, dan kolesterol.

“Para petugas KPPS dan PPK di kecamatan Sangir telah diberikan obat-obatan dan vitamin sebagai bagian dari program ini,” ujarnya.

Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat bahwa hingga saat ini terdapat 27 kasus kematian di kalangan penyelenggara pemilu.

Beberapa faktor penyebab yang telah terkonfirmasi antara lain adalah penyakit jantung, syok septik, Sindrom Distres Pernapasan Akut (ARDS), dan hipertensi.

Kasus kematian petugas KPPS tersebar di beberapa provinsi, dengan jumlah terbanyak terjadi di Jawa Tengah (tujuh kasus).

Sedangkan Jawa Timur dan Jawa Barat (masing-masing lima kasus), serta DKI Jakarta (tiga kasus).

Provinsi lain yang juga mencatat kasus kematian petugas KPPS antara lain Banten (dua kasus), Sumatera Selatan (dua kasus).

Sedangkan Sumatera Utara (satu kasus), Riau (satu kasus), dan Sulawesi Utara (satu kasus).

Semoga upaya tersebut dapat mengurangi risiko kelelahan dan meningkatkan keselamatan selama proses pemilu berlangsung.

(KMS)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait