Deklarasi ODF di Limbanang, Bupati Limapuluh Kota Tekankan Pentingnya Komitmen Bersama

Deklarasi ODF di Limbanang, Bupati Limapuluh Kota Tekankan Pentingnya Komitmen Bersama

TOPSUMBAR – Nagari Limbanang, Limapuluh Kota deklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Menandakan komitmen bersama antara Pemkab Limapuluh Kota dan Masyarakat dalam mewujudkan akses sanitasi yang layak.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin menekankan pentingnya komitmen dari semua pihak dalam mewujudkan 100 persen.

Bacaan Lainnya

“Perubahan mencapai 100% ODF ini terasa berat jika satu sama lain tidak satu suara. Contohnya pada tahun 2019, belum ada Puskesmas di Limapuluh Kota yang meraih akreditasi paripurna,” ujarnya pada Senin, 26 Februari 2024.

“Namun, akhir tahun 2023, dari 22 Puskesmas, 13 diantaranya meraih akreditasi paripurna. Inilah yang harus di contoh oleh Pemerintah Nagari,” katanya.

Ia menekankan, pentingnya kesadaran dengan mulai merubah perilaku untuk meninggalkan kebiasaan lama. Dalam Pembinaan Pemerintah Nagari, keterlibatan masyarakat sangat penting.

“Mari berperilaku hidup sehat demi mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota yang sehat dan bersih,” ajaknya.

Wali Nagari Limbanang, Yori Noviola menyambut baik deklarasi ODF tersebut. Ia berkomitmen bersama masyarakat untuk mencapai 100% ODF di Nagari Limbanang.

“Saya mengapresiasi peran Puskesmas Suliki dalam menata tatanan kesehatan di Nagari ini. Masyarakat yang sehat, dapat menciptakan jiwa yang kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan. Kami berkomitmen untuk bisa mencapai 100% ODF di Nagari Limbanang,” pungkasnya.

Deklarasi tersebut berakhir dengan pembacaan naskah deklarasi oleh Wali Nagari bersama masyarakat.

Bupati Safaruddin menutup deklarasi dengan penandatanganan komitmen ODF bersama para tamu undangan.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait