Dasawisma Provinsi Lakukan Penilaian kepada Tim Dasawisma Pemko Payakumbuh

Dasawisma Provinsi Lakukan Penilaian kepada Tim Dasawisma Pemko Payakumbuh

TOPSUMBAR – Tim penilai dari Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan lapangan ke Kota Payakumbuh pada Kamis 22 Februari 2024.

Tim yang dipimpin oleh Ny. Harneli Mahyeldi hadir bersama empat anggota lainnya dan disambut oleh Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman, diwakili Asisten I Dafrul Pasi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Dasawisma Edelweis 27 RT 01/RW 02 Kelurahan Padangdata Tanahmati, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Dafrul Pasi, menyebutkan bahwa Dasawisma, yang berada di bawah naungan PKK, membuktikan perannya dalam mengatasi permasalahan masyarakat dengan menyelenggarakan berbagai program.

Selain itu, Dasawisma juga semakin kuat dengan menerapkan sepuluh program PKK untuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya.

“Dasawisma tidak hanya menerapkan sepuluh program pokok PKK, tetapi juga mendukung program banyak OPD di Payakumbuh. Mereka berkomitmen membantu program prioritas pemerintah pusat seperti pengentasan stunting, kemiskinan ekstrem, dan inflasi,” ujarnya.

Menurutnya, Dasawisma di Kota Payakumbuh telah membuktikan kontribusinya dalam menurunkan persentase stunting dari 22% pada tahun 2021 menjadi 17,5%.

Keberhasilan ini, menurutnya, tak lepas dari peran aktif PKK dan kelompok Dasawisma di lapangan.

“Dasawisma kita cakap dalam memanfaatkan peluang untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan OPD terkait. Semoga kelompok Dasawisma Edelweis 27 dapat membanggakan Kota Payakumbuh dan Sumatera Barat,” tambahnya.

Ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Ny. Lasta Jasman, mengatakan bahwa TP PKK mendorong setiap Dasawisma di seluruh kelurahan untuk optimal dalam perannya.

“Keberadaan ketua kelompok Dasawisma Edelweis 27 dalam nominasi 5 untuk kategori kota adalah bukti bahwa mereka telah berupaya menggerakkan anggota kelompok. Semoga semakin banyak Dasawisma yang mampu menggerakkan anggotanya dalam implementasi sepuluh program pokok PKK,” ujarnya.

Ny. Harneli Mahyeldi, sebagai ketua tim penilai, menyampaikan bahwa kunjungan ini bukan hanya penilaian semata, tetapi juga sebagai bentuk evaluasi kegiatan Dasawisma.

“Semoga pemaparan saat ekspose kemarin tidak jauh berbeda dengan hasil verifikasi di lapangan hari ini. Saya yakin Dasawisma Edelweis 27 telah berupaya yang terbaik untuk menjadi penggerak di masyarakat dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” tutupnya.

Acara dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat, termasuk Kadis Kesehatan, Kadis DP3AP2KB, Kadis Nakerperin.

Camat Payakumbuh Barat, Ketua TP PKK Payakumbuh Barat, Lurah Padangdata Tamahmati, Ketua TP PKK Padangdata Tamahmati, tokoh masyarakat, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, dan tamu undangan lainnya juga turut hadir.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait