Perbaikan Jembatan Kiambang dan Jalan Teban di Silungkang Segera Dimulai

Gubernur Mahyeldi mendampingi Menteri PUPR melakukan peninjauan ke Jembatan Kiambang di Kabupaten Padang Pariaman. Kamis (11/01/2024).

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengumumkan bahwa perbaikan jalan dan jembatan pada beberapa lokasi di Sumatera Barat segera dilakukan.

Yakni jalur lintas Sumatera yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu segera dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Titik fokus perbaikan adalah ruas jalan di Silungkang Oso Kota Sawahlunto dan Jembatan Kiambang di Kabupaten Padang Pariaman.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi memastikan hal ini setelah mendampingi Menteri PUPR dalam peninjauan di Jembatan Kiambang, Kabupaten Padang Pariaman, pada Kamis, 11 Januari 2024.

“InsyaAllah, perbaikan akan segera dilakukan. Menteri PUPR telah memberikan instruksi langsung kepada Balai Pelaksana Jalan Sumbar untuk segera melaksanakan tender setelah perencanaan selesai untuk kedua objek yang rusak,” ungkap Gubernur setelah mendampingi Menteri PUPR.

Jalan dan jembatan yang menjadi perhatian Menteri adalah bagian dari jalur lintas Sumatera yang menghubungkan Sumbar – Riau dan Sumbar – Jakarta.

Keduanya memiliki peran vital dalam kelancaran arus orang dan barang yang masuk atau keluar Sumbar.

“Jalan dan jembatan ini sangat penting karena berada pada jalur utama penghubung Sumbar dengan provinsi tetangga. Oleh karena itu, perbaikan segera perlu dilakukan,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Menurutnya, karena statusnya sebagai jalan nasional, kewenangan perbaikan berada pada Pemerintah Pusat melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional.

Namun, Pemprov Sumbar akan memberikan dukungan sesuai kewenangan yang dimilikinya.

Gubernur menyampaikan rasa syukur bahwa jembatan kembar tersebut tidak rusak seluruhnya.

Sehingga, salah satu ruasnya masih dapat dilalui kendaraan.

Namun, untuk ruas yang rusak dan ditutup sejak tiang penopang jembatan tergerus oleh arus banjir pada Rabu, 20 September 2023 lalu, transportasi di titik tersebut mengalami hambatan dan berpotensi macet.

“Situasi jalan dan jembatan yang rusak ini perlu segera diatasi agar jalur lintas dari Sumbar ke Riau dan Sumbar ke Jakarta dapat beroperasi dengan lancar kembali,” harap Mahyeldi.

Sementara itu, Menteri PUPR juga melakukan peninjauan proyek pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru ruas Padang-Sicincin pada hari yang sama, yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

(adpsb)

Pos terkait