Pemko Padang Panjang Terima Bantuan Logistik Senilai Ratusan Juta dari BNPB untuk Atasi Dampak Erupsi Gunung Marapi

Pemko Padang Panjang Terima Bantuan Logistik Senilai Ratusan Juta dari BNPB untuk Atasi Dampak Erupsi Gunung Marapi

TOPSUMBAR – Lebih dari sebulan setelah erupsi Gunung Marapi, dampaknya masih terasa di sekitar daerah tersebut. Tingginya intensitas abu vulkanik bahkan menyebabkan polusi udara di Kota Padang Panjang. Meski demikian, Pemerintah Kota tidak tinggal diam.

Dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol, Pemadam Kebakaran, dan instansi terkait lainnya, upaya penanganan terhadap dampak erupsi ini telah dilakukan.

Ribuan masker telah didistribusikan kepada warga sambil memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya menggunakan masker saat udara terkontaminasi.

Bacaan Lainnya

Petugas Pemadam Kebakaran juga membersihkan jalan-jalan yang tertutup abu vulkanik. Pemko juga mengambil langkah untuk meniadakan kegiatan luar ruang di sekolah-sekolah.

Dengan stok logistik BPBD yang mulai berkurang setelah distribusi, Pemerintah Kota mengajukan proposal bantuan logistik senilai sekitar Rp584 juta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BNPB menyetujui bantuan logistik tersebut dengan mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Pemko selama erupsi Gunung Marapi.

Berita baik ini diumumkan oleh Pj Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, saat kunjungannya ke Graha BNPB di Jakarta pada Kamis, 18 Januari lalu.

Didampingi Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S. STP, M.Si, mereka diterima oleh Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB, Agus Riyanto, S.T, M.M, dan Kepala Biro Perencanaan BNPB, Dra. Andi Eviana, M.Si.

Agus Riyanto memberikan apresiasi atas keseriusan Pemko dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dampak abu vulkanik.

Bantuan logistik yang disetujui meliputi 100.000 lembar Masker KF, 8.000 lembar Masker Kain, dan 7.200 botol sabun cair.

Sonny menyatakan bahwa bantuan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan mengucapkan terima kasih kepada BNPB atas respons positif terhadap proposal yang diajukan.

Sementara itu, I Putu Venda menyampaikan bahwa sejak kejadian erupsi Marapi, BPBD telah mendistribusikan sekitar 6.000 lembar masker. Namun, stok di BPBD terbatas.

“Alhamdulillah, bantuan ini akan segera kita jemput untuk dibagikan kepada masyarakat,” katanya.

Selain kunjungan ke BNPB, Pj Wali Kota Sonny juga bertemu dengan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial RI, Ruben Rico.

Dalam pertemuan tersebut, Sonny berharap warga Padang Panjang mendapatkan perlindungan dari dampak erupsi Marapi melalui bantuan dari Kementerian Sosial.

Ruben Rico mengapresiasi upaya Pemko dan berjanji memberikan bantuan untuk Kota Serambi Mekkah ini.

(AL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait