Meriahnya Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2024 di Sumbar, Olahraga, Ekonomi, dan Keseruan Bersama Gubernur Mahyeldi

TOPSUMBAR – Pada hari Minggu, 21 Januari 2024, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Sumatera Barat resmi diluncurkan di sepanjang Jalan Rasuna Said dan Kompleks GOR H. Agus Salim.

Acara ini berhasil menarik lebih dari 20 ribu warga yang meramaikan iven tersebut, yang turut dimeriahkan dengan agenda Makan Balanjuang bersama Gubernur Mahyeldi.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan alasan menggelarnya kembali HBKB tahun ini, yaitu karena acara sebelumnya telah terbukti efektif dalam mendorong warga untuk berolahraga dan juga memberikan dorongan positif pada aktivitas perekonomian.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi mengungkapkan, “Melalui HBKB ini, tersedia ruang yang luas dan menyenangkan bagi warga kita untuk berolahraga, khususnya warga Kota Padang. Dengan berolahraga, tentu tingkat kebugaran warga kita akan semakin baik.”

Gubernur juga menyoroti manfaat HBKB bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang dapat memanfaatkan keramaian pengunjung untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Gubernur menyatakan, “Tentu saja ini juga bagian dari upaya kita meningkatkan pendapatan sektor UMKM. Bahkan, ada pelaku UMKM yang mengaku bisa mendapatkan penghasilan untuk satu pekan dengan berjualan satu hari di CFD. Memang itu yang kita harapkan.”

Selain fokus pada aspek kesehatan dan ekonomi, Gubernur Mahyeldi berharap bahwa kegiatan serupa dapat diadakan pada tingkat yang lebih lokal, seperti kota/kabupaten, kecamatan, bahkan kelurahan.

Pemprov Sumbar juga berencana membuka kompleks Istana Gubernuran Sumbar untuk dijadikan ruang bermain bagi anak-anak.

Rencananya, akan disediakan sejumlah wahana hiburan edukatif seperti taman dengan tanaman, foto pahlawan, akuarium, dan wahana edukasi lainnya.

Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Suyadi, turut memberikan apresiasi terhadap gelaran HBKB Sumbar 2024, menyatakan bahwa semangat meningkatkan minat olahraga masyarakat perlu disebarkan hingga ke tingkat desa.

Dalam laporan acara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon, menyebutkan bahwa pembukaan HBKB 2024 dihadiri oleh lebih dari 20 ribu warga, melebihi target awal sekitar 7.500 orang.

Makanan untuk balanjuang disediakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar, dan didukung oleh berbagai pihak sponsor dari BUMD, BUMN, hingga perbankan.

(adpsb/bsn)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait