Inovasi Pelayanan Publik, Disdukcapil Goes to School di Kabupaten Limapuluh Kota

TOPSUMBAR – Peningkatan kualitas layanan publik menjadi fokus utama pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Safaruddin telah mengajak seluruh perangkat daerah untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan pelayanan yang mudah diakses oleh masyarakat, terutama dalam hal administrasi kependudukan. Melalui program Dukcapil Goes to School, kami berharap dapat mengatasi kendala dan kompleksitas yang dihadapi masyarakat, khususnya para pelajar, dalam proses pengurusan dokumen tanpa harus berkunjung langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ungkap Bupati Safaruddin saat memimpin upacara di SMA Negeri 2 Harau, pada Senin 22 Januari 2024, sekaligus membuka kegiatan Disdukcapil Goes To School.

Bacaan Lainnya

Di bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sedang berusaha meningkatkan sistem integrasi administrasi kependudukan melalui berbagai layanan yang dapat diakses langsung oleh masyarakat, salah satunya adalah Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Selain itu, Bupati Safaruddin juga mencatat bahwa upaya perbaikan pelayanan pemerintah daerah telah menunjukkan hasil positif.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan opini penilaian publik yang dilakukan oleh Ombudsman RI, meningkat dari 46,93 poin pada tahun 2021 menjadi 85,59 poin pada tahun 2023. Limapuluh Kota juga menjadi daerah di Sumatera Barat dengan peningkatan paling signifikan.

“Kami memberikan pesan kepada para pelajar untuk bersungguh-sungguh dalam belajar dan mengejar ilmu, menghargai perjuangan orang tua, menghormati guru, dan menjadi individu yang paham akan ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Nabila, seorang siswa di SMA 2 Harau, menyambut positif program dari Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang memberikan pelayanan kepada pelajar untuk memperoleh dokumen kependudukan, seperti KTP Elektronik. “SMA 2 Harau memiliki sistem sekolah berasrama, di mana seluruh siswa tinggal di asrama sekolah. Kehadiran Disdukcapil di sekolah sangat membantu kami dalam mendapatkan KTP,” ucap siswa yang baru berulang tahun ke-17 pada Desember 2023.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait