Gubernur Sumbar Mahyeldi Terjun Langsung Tinjau Wilayah Terdampak Bencana

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, turun langsung meninjau sejumlah wilayah yang terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota pada Senin 1 Januari 2024.

Saat ini, langkah-langkah dan koordinasi dengan instansi/lembaga terkait sudah dilakukan untuk memulai proses perbaikan secepat mungkin.

Area terdampak pertama yang dikunjungi oleh Gubernur Mahyeldi adalah lokasi terbannya dinding jembatan dan pembatas sungai di sekitar Masjid Al-Ikhlas, Simpang Manunggal, Dusun Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Bacaan Lainnya

Peninjauan dilakukan dengan menyusuri sungai untuk melihat secara rinci kondisi dinding pembatas yang rusak akibat tingginya debit air sungai beberapa hari yang lalu.

“Kondisi ini perlu segera ditangani karena dinding sungai semakin terkikis. Langkah-langkah selanjutnya akan diambil secara konstruktif oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Balai Wilayah Sungai (BWS), dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Proses perbaikan harus dilakukan dengan cepat dan efektif,” ucap Gubernur Mahyeldi.

Setelah menyelesaikan peninjauan di Tanah Datar, Gubernur Mahyeldi melanjutkan kunjungannya untuk mengevaluasi beberapa titik wilayah terdampak banjir dan longsor di Jorong Mancuang, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam.

Saat peninjauan, Gubernur menyusuri area persawahan yang terkena abrasi dari Batang Agam, yang juga menjadi sumber air untuk lahan pertanian di wilayah tersebut.

“Abrasi di Jorong Mancuang sangat mengkhawatirkan karena telah merusak sebagian besar lahan pertanian warga. Diperlukan rencana perbaikan jangka panjang, tidak hanya dengan membuat bronjong saja. Saya yakin kita membutuhkan bendungan dan beberapa cek dam. Besok, Dinas PSDA akan segera mengambil tindakan dan berkoordinasi dengan Balai Sungai,” ujar Gubernur Mahyeldi, didampingi oleh Wali Nagari Padang Tarok, Hendri, dan Wali Jorong Mancuang, Johanis Syamsil.

Setelah meninggalkan Padang Tarok, Gubernur melakukan peninjauan kondisi jalan lintas Sumbar-Riau yang terdampak di kawasan Banuhampu, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Gubernur menyatakan bahwa saat ini sedang berkoordinasi dengan instansi/lembaga terkait untuk segera menginisiasi proses perbaikan.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait