Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Gubernur Tekankan Pentingnya Kreativitas Pembiayaan Daerah

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menerima laporan pelaksanaan reses DPRD Sumbar pada masa Persidangan Pertama tahun 2023/2024, pada Rabu 27 Desember 2023.

Meskipun banyak pencapaian yang telah diraih selama masa persidangan pertama, Gubernur berharap agar koordinasi antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD dapat semakin ditingkatkan, mengingat kompleksitas persoalan yang semakin berkembang di tengah masyarakat.

Dalam Sidang Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua 2023/2024 di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar, Gubernur Mahyeldi menyampaikan apresiasi terhadap hasil kerja bersama yang telah dicapai, termasuk pembentukan Peraturan Daerah (Perda) dan pengawasan yang mendukung kelancaran pemerintahan daerah.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi mengingatkan tentang adanya agenda penting pada masa persidangan kedua, terutama dengan adanya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Beliau menekankan pentingnya manajemen waktu bagi anggota DPRD agar dapat menghadapi tantangan ini dengan baik.

“Pemprov Sumbar selalu mendukung kegiatan DPRD Sumbar, dengan harapan semuanya dapat berjalan lancar, sukses, dan tepat waktu. Koordinasi dan sinkronisasi ke depan harus terus ditingkatkan mengingat kompleksitas persoalan yang berkembang di tengah masyarakat,” ucap Gubernur.

Gubernur Mahyeldi juga menyentuh tentang kondisi pembiayaan daerah yang saat ini tidak optimal. Kreativitas lebih diperlukan untuk meningkatkan potensi pendapatan daerah dan mengurangi pengeluaran yang tidak tepat guna, mengingat urgensi untuk tidak selalu bergantung pada dana alokasi umum (DAU).

“Kita perlu menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan pendapatan daerah untuk mempercepat pembangunan. Belanja harus diarahkan pada aspek-aspek yang langsung berdampak pada pendapatan. Semoga harapan bersama ini dapat dibahas lebih mendalam,” ujar Gubernur.

Sidang Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2023/2024 di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar. Laporan pelaksanaan reses masa persidangan pertama dibacakan oleh Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis.

“Perubahan yang signifikan telah dicapai, termasuk pembentukan empat Peraturan Daerah (Ranperda), di mana dua di antaranya telah berhasil disahkan dan dua lainnya sedang dalam proses persetujuan selama sesi kedua. Kami berharap hasil tersebut dapat segera diimplementasikan oleh Pemerintah Daerah melalui departemen terkait,” ungkap Irsyad Syafar.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait