Persembahan Seni Silang Budaya, Limapuluh Kota dan Negeri Sembilan

TOPSUMBAR – Hubungan hangat antara masyarakat Minangkabau dan Negeri Sembilan telah terjalin sejak abad ke-14 dan perlu kita jaga bersama.

Melalui Program Silang Budaya, diharapkan dapat menjadi upaya nyata untuk memperkuat silaturahmi antara kedua daerah yang memiliki ikatan kekerabatan.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, menekankan bahwa kerja sama kebudayaan antara keduanya menjadi hal penting untuk pelestarian kebudayaan.

Bacaan Lainnya

“Sangat banyak kesamaan budaya dan adat istiadat antara Kabupaten Limapuluh Kota dengan Negeri Sembilan. Program Silang Budaya menjadi langkah strategis bagi kita untuk saling belajar dan mempererat hubungan keduanya,” ungkap Bupati Safaruddin setelah menghadiri acara Silang Budaya di Dewan Pavilion LPPKN Seremban pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari acara serupa yang terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2018. Dalam Silang Budaya tersebut, berbagai pertunjukan seni dan atraksi budaya disajikan oleh tim kesenian Pesona Andaleh bersama tim Kesenian Negeri Sembilan.

Kolaborasi ini berhasil memukau ratusan masyarakat dan perantau dari Limapuluh Kota yang memadati lokasi acara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Penasehat Bundo Kanduang Limapuluh Kota Ny. Nevi Safaruddin, Pengarah Jabatan Kebudayaan dan Kesenian Negeri Sembilan Encik Zuhairi Bin Ibrahim, Ketua Pengurus Ikatan Kekeluargaan Warisan Adat Minang Negeri Sembilan (IKWAMNS) Encik Banchik bin Osman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi bersama Kabid Kebudayaan Yusuf Lubis, serta Kepala Bagian Protokol Andri Yasmen.

Bupati Safaruddin memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini yang dapat terselenggara di Negeri Sembilan. Ia berharap agar kegiatan ini terus berlanjut tidak hanya dalam bidang kebudayaan, tetapi juga mencakup sektor pariwisata dan perdagangan.

Ia menambahkan bahwa kedekatan antara kedua daerah dapat dilihat dari sejumlah suku di Negeri Sembilan yang memiliki nama daerah di Limapuluh Kota, seperti Sarilamak, Andaleh, Batu Ampa, Mungka, Payakumbuh, dan Batu Balang.

“Terima kasih kepada Pemerintah Negeri Sembilan dan para perantau yang tergabung dalam Ikatan Kekeluargaan Warisan Adat Minang Negeri Sembilan (IKWAMNS) atas inisiasi Silang Budaya yang telah terselenggara, sehingga dapat mempererat silaturahim antara kedua daerah,” ujar Bupati Safaruddin.

Exco Warisan, Teknologi, Inovasi, dan Digital Negeri Sembilan, Datuk Mohd Faizal Ramli, juga menyatakan bahwa persamaan adat, budaya, bahasa, dan agama membuat Silang Budaya ini terasa istimewa.

“Ini menunjukkan kehangatan hubungan adat budaya Negeri Sembilan dan Limapuluh Kota. Terciptanya Silang Budaya diharapkan dapat memahami dan mengenali budaya masing-masing serta membuka pandangan dan pikiran demi pembangunan daerah,” jelasnya.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait