Peringatan Hari HAM Internasional, Sumbar, Toleransi dan Pemenuhan HAM Terbaik di Indonesia

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, dengan tegas menyatakan bahwa Indonesia, khususnya Sumbar, merupakan daerah yang mengedepankan toleransi dan penerapan hak asasi manusia (HAM).

Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur dalam Peringatan Hari HAM Internasional ke-75 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Senin 18 Deember 2023.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Mahyeldi juga menerima Piagam Penghargaan sebagai Provinsi Peduli HAM atas Kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Tahun 2022 dari Kemenkumham RI.

Bacaan Lainnya

Ia turut menyerahkan penghargaan serupa kepada 15 Kepala Daerah tingkat kabupaten/kota di Sumbar.

“Semangat peringatan Hari HAM Internasional harus kita sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Meskipun perbedaan suku atau pandangan bisa terjadi di antara kita, namun Nabi Muhammad SAW telah mewariskan pemahaman tentang keberagaman, hak asasi, serta betapanya pentingnya harmonisasi,” ungkap Gubernur.

Gubernur menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar bersama Pemda Kabupaten/Kota di Sumbar untuk terus memenuhi hak masyarakat, termasuk segala aspek yang berkaitan dengan pemenuhan HAM.

Ia memastikan bahwa Indonesia berada di garis terdepan dalam menerapkan toleransi dan pemenuhan HAM.

“Tema peringatan tahun ini adalah ‘Harmoni dalam Keberagaman – #BedaUntukBersatu’. Kita menyadari bahwa Indonesia terdiri dari berbagai pulau, dengan latar belakang suku dan ras yang beragam. Meski demikian, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia senantiasa kita jaga dan pertahankan. Oleh karena itu, kita perlu menegaskan bahwa negara kita adalah yang terbaik dalam menerapkan toleransi dan pemenuhan HAM,” tambah Gubernur.

Di sisi lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto, dalam sambutannya menyebutkan bahwa penilaian terhadap Pemda peduli HAM terus dilakukan setiap tahun pada bulan Desember.

Penilaian ini didasarkan pada berbagai kegiatan dan rangkuman penilaian dari Kemenkumham. Haris juga menekankan bahwa untuk penilaian tahun 2022, 15 kabupaten/kota di Sumbar berhasil meraih predikat Peduli HAM.

“Selamat dan apresiasi kami sampaikan atas kerja keras Pemprov Sumbar dan Pemda Kabupaten/Kota dalam menunjukkan kepedulian terhadap pentingnya HAM. Kami berharap, penghargaan ini tidak hanya menjadi prestise semata,” tutur Haris.

Selain Gubernur Sumbar, penghargaan serupa juga diterima oleh Bupati Solok Selatan, Bupati Agam, Wali Kota Solok, Bupati Padang Pariaman, Bupati Dharmasraya, Bupati Pasaman Barat, Bupati Solok, Bupati Sijunjung, Wali Kota Sawahlunto, Wali Kota Padang, Wali Kota Pariaman, Wali Kota Bukittinggi, Bupati Lima Puluh Kota, dan Bupati Tanah Datar.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait