Pemprov Sumbar Pertahankan Gelar Provinsi Terinovatif di IGA 2023

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berhasil meraih predikat sebagai Provinsi Terinovatif dalam acara Penganugerahan Innovate Government Award (IGA) 2023.

Penghargaan ini diselenggarakan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada Selasa 12 Desember 2023.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian mempertahankan predikat Provinsi Terinovatif selama enam tahun berturut-turut sejak 2017.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan komitmen Pemprov Sumbar untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Ia menyampaikan bahwa, prestasi ini tidak terlepas dari kerjasama di lingkup Pemprov Sumbar, dukungan legislatif, Forkopimda, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan masyarakat.

Meskipun kami meraih prestasi ini secara beruntun, kami tetap berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik di Sumbar.

Setelah menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri, bersama Kepala Balitbang Sumbar Bustavidia dan Kepala Dinkes Sumbar Lila Yanwar, menyatakan bahwa Sumbar dan beberapa kabupaten/kota di provinsi ini berhasil meraih dan mempertahankan penghargaan dalam IGA 2023.

Ia menyatakan bahwa, Sumbar termasuk satu dari tujuh Provinsi Terinovatif di Indonesia dengan inovasi Lihai dan Masuk Sorga sebagai unggulan, dari total 177 inovasi yang dinilai.

Penghargaan ini menjadi dorongan untuk terus mempertahankan prestasi Provinsi Terinovatif di masa mendatang.

Mendagri RI, Tito Karnavian, dalam sambutannya menyoroti pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Beliau menekankan bahwa kehidupan masyarakat terus berkembang, dan inovasi harus diwujudkan dalam sistem yang teruji untuk memastikan kelancaran kepemimpinan di daerah.

“Tingginya populasi dan jumlah kepala daerah di Indonesia menuntut iklim penyelenggaraan pemerintahan yang kompetitif. Inovasi haruslah terarah dan diimplementasikan dalam sistem yang dapat berkelanjutan,” tegas Mendagri Tito.

Sementara itu, Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas, menyambut baik kelanjutan IGA sebagai upaya mendukung inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Beliau menekankan pentingnya penyederhanaan dan efisiensi dalam pelayanan publik untuk memudahkan akses masyarakat.

“Kerja sama antara Kemendagri, BPK, KPK, dan Kementerian PAN RB merupakan upaya bersama untuk mendukung inovasi dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Tujuannya adalah menyederhanakan pelayanan agar lebih mudah diakses oleh masyarakat,” jelas Menteri Abdullah Azwar Anas.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait