Menteri Perindustrian Resmikan Smelter Titanium Pertama di Indonesia, Inisiatif Anak Muda Bangka Belitung

TOPSUMBAR – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, secara resmi meresmikan Smelter Titanium milik PT Bersahaja Berkat Sahabat Jaya (BBSJ) di Baturusa, Merawang, Bangka, pada hari Kamis 7 Desember 2023.

Upacara peresmian dihadiri oleh pejabat Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Direktur PT BBSJ, Arbi Leo, dan mantan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Dalam pidatonya, Menteri Agus menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian signifikan pembangunan smelter titanium pertama di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menteri Agus memberikan apresiasi kepada PT BBSJ atas langkah ini, menyoroti bahwa smelter tersebut merupakan gagasan seorang anak muda dan menjadi yang pertama menerapkan teknologi PNBN secara penuh.

Ia menyampaikan bahwa, Smelter ini menjadi bukti nyata komitmen untuk terus mengembangkan hilirisasi, dan saya bangga karena Pak Arbi Leo, putra daerah Bangka Belitung, terlibat secara aktif dalam pembangunan daerah dan bangsa ini.

Menteri Agus menekankan bahwa meskipun dihadapkan pada tantangan yang semakin berat dalam era perdagangan bebas, sektor pengolahan dan manufaktur di Indonesia mampu tumbuh pesat dan bersaing di pasar global.

Pertumbuhan sektor manufaktur sebesar 5,02 persen year-on-year, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, menunjukkan kontribusi sektor ini sebagai tulang punggung ekonomi nasional.

Arbi Leo, Direktur Utama PT BBSJ, menyatakan bahwa pembangunan smelter titanium berjalan lancar berkat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perindustrian RI, dan Pemerintah Daerah.

Ia berkomitmen mendukung program hilirisasi pemerintah dan berharap PT Bersahaja dapat terus berkontribusi pada pembangunan negara.

Ia berharap agar dukungan terus mengalir, sehingga PT Bersahaja dapat terus berperan dalam pembangunan negeri melalui inisiatif smelter titanium pertama di Indonesia ini.

Dukungan dari Keluarga Besar PJS

Arbi Leo juga mendapat dukungan dari keluarga besar PJS. Ketua Umum DPP PJS, Mahmud Marhaba, memberikan selamat atas kesuksesannya membangun smelter titanium pertama di Indonesia.

“Atas nama keluarga besar PJS se-Indonesia, saya mengucapkan selamat kepada Pak Arbi Leo yang hari ini menunjukkan prestasi yang luar biasa. Ini merupakan smelter Titanium pertama di Indonesia,” ungkap Mahmud.

Mahmud menambahkan bahwa Arbi Leo, sebagai pembina DPP PJS, memiliki komitmen untuk membangun daerah Bangka Belitung tidak hanya dalam usaha tambang, tetapi juga dalam sektor pariwisata dan bisnis kuliner.

Arbi Leo, selain menjadi pengusaha muda sukses di bidang tambang, pariwisata, dan kuliner, juga memiliki komitmen untuk mendidik masyarakat melalui BN Media Group (BNRadio, BNNasional.com, BNBabel.com, BNTV, serta production house) dan memproduksi film-film berkualitas, termasuk ‘Imam Tanpa Makmun’ yang diluncurkan pada Oktober lalu di beberapa bioskop di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

“Pak Arbi Leo merupakan aset bangsa, mari kita mendukung kesuksesannya serta merencanakan masa depannya,” pinta Mahmud saat berbicara dengan beberapa pengurus PJS.(*)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait