Melahirkan Agen Pembangunan, Gubernur Sumbar Resmi Buka MTQ Nasional ke-40

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 atau MTQN XL tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) pada malam Selasa 12 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi berharap MTQN dapat melahirkan generasi Qur’ani yang menjadi agen pembangunan Sumbar di masa depan.

Dengan penuh semangat, Mahyeldi menyampaikan, “Hari ini, kita akan menyaksikan sebuah acara besar di mana Al-Qur’an akan dilantunkan dengan khidmat. Saya berharap MTQN kembali dapat mencetak generasi Qur’ani yang memiliki akhlak mulia dan siap menjadi agen perubahan dan pembangunan untuk daerah kita.”

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi yakin bahwa seluruh kafilah dari kabupaten/kota yang diutus pada MTQN XL Sumbar merupakan putra-putri terbaik dari daerah masing-masing.

Ia menegaskan bahwa MTQ bukan hanya acara seremonial, melainkan juga usaha untuk memantapkan syiar Islam, mengagungkan kalam Ilahi, serta mendalami fungsi edukasi dalam Al-Qur’an.

“Al-Qur’an harus senantiasa dilantunkan setiap malam agar menciptakan ketenangan jiwa. MTQ Nasional bukan hanya seremonial rutin, tetapi juga momen bersejarah yang mencerminkan semangat kebersamaan dalam cinta kepada Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup,” tambahnya.

Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa MTQ bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sarana berjemaah untuk memperkokoh iman dan takwa kepada Allah.

Ia berharap penyelenggataan MTQ bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi Al-Qur’an sebagai bagian dari persiapan menuju surga Allah SWT.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, yang juga Ketua LPTQ Sumbar, menegaskan bahwa MTQ dilaksanakan untuk memantapkan syiar Islam dan memotivasi masyarakat agar lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“MTQ tidak hanya seremonial semata, melainkan bagaimana kita mengimplementasikan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Audy.

Wagub Audy juga menekankan bahwa MTQ Tingkat Provinsi Sumbar bertujuan untuk mencetak qori dan qoriah terbaik yang mewakili Sumbar di tingkat Nasional. Ia berharap seluruh kafilah dapat berkompetisi dengan baik dan sehat.

Bupati Solsel, Khairunas, menyatakan kebanggaannya karena Solok Selatan dipercaya sebagai tuan rumah MTQ tingkat Sumatera Barat untuk pertama kalinya.

Ia menyebut penyelenggaraan MTQ akan mempertegas syiar Islam dan memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat Solsel.

MTQ tingkat Provinsi Sumbar XL mengusung tema “Masyarakat Qur’ani dalam Rahmatan Ilahi” dan berlangsung dari 11 hingga 17 Desember 2023. Terdapat 13 cabang perlombaan dengan partisipasi 1.149 peserta dari 19 kabupaten/kota.

Bupati Khairunas berharap MTQ ini melahirkan juara yang dapat mengharumkan nama Sumbar di MTQ tingkat Nasional di Kalimantan Timur pada tahun depan.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait