Longsor Mendesak, 1.200 Jiwa Terisolasi di Jorong Aia Abu Nagari Aia Dingin Solok

Jalan ke Jorong Aia Abu, Nagari Aia Dingin tertimbun longsor sejak Sabtu, 09 Desember 2023 pagi. Warga masih menunggu bantuan. Foto: Dok Istimewa.

TOPSUMBAR – Kejadian longsor tiba-tiba menimbun dan memutus akses jalan masyarakat yang menghubungkan Jorong Aia Abu dengan Nagari Aia Dingin di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Hujan deras yang terus menerus melanda daerah tersebut menjadi pemicu, sementara bekas tambang pasir dan kerikir di sekitar lokasi telah mengalami longsor berulang kali sebelumnya.

Hanny Tanjung, Pemimpin Redaksi media ini, yang baru saja melewati jalur tersebut bersama keluarganya termasuk beruntung.

Bacaan Lainnya

Mereka selamat dari bencana ini, tetapi mobil pickup milik keluarga yang biasa dibawa membawa hasil ladang ke Pasar Alahan Panjang dan mereka tumpangi, sekarang terkurung di antara reruntuhan longsor.

“Alhamdulillah, saya dan keluarga selamat dari bencana longsor, padahal kami baru melintasi jalan itu,” ujar Hanny Tanjung, Sabtu, 09 Desember 2023.

Saat ini, sekitar 1.200 jiwa di Jorong Aia Abu terisolasi karena akses utama mereka putus total.

Di Jorong ini terdapat sekitar 400 kepala keluarga dengan jumlah penduduk lebih kurang 1200 orang.

Jalan ini bukan hanya jalur vital bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, namun juga menjadi akses utama bagi anak-anak sekolah dan petani yang membawa hasil ladang ke Pasar Alahan Panjang.

Hanny menyampaikan kekhawatirannya terhadap dampak ekonomi yang mungkin dialami oleh warga setempat.

“Kalau jalan terputus, ekonomi warga Aia Abu juga akan putus. Sebab hanya itu jalan satu-satunya menuju ke Pasar Alahan Panjang sepengetahuan saya.” katanya.

Hanny Tanjung berharap pemerintah nagari, anggota DPRD, dan dinas terkait segera mencarikan solusi untuk mengatasi bencana longsor tersebut.

“Mudah-mudahan Dinas PUPR dan Bupati Solok dapat mengirimkan bantuan ekskavator ke lokasi guna memperbaiki jalan yang tertutup longsor,” harapnya.

Masyarakat setempat juga berharap agar tanggap darurat segera diberlakukan untuk memastikan bantuan dan upaya pemulihan dapat segera tiba di lokasi kejadian, mengingat keterisoliran yang dihadapi oleh 1.200 jiwa di Jorong Aia Abu.

(HT)

Pos terkait