Kota Bukittinggi Ke-239, Hansastri Dorong Pemaknaan Evaluatif untuk Kemajuan Daerah

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekda Prov Sumbar), Hansastri, mewakili Gubernur Mahyeldi Ansharullah dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bukittinggi Ke-239, mengajak semua pihak untuk merenung pada perayaan tersebut sebagai kesempatan evaluatif untuk kemajuan daerah, terutama dalam kebijakan dan pembangunan fisik.

Hansastri menyampaikan pentingnya memastikan bahwa setiap program dan kegiatan pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Peringatan HUT seharusnya tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga bersifat evaluatif, agar pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat setempat,” ungkap Hansastri dalam Sidang Paripurna Peringatan HUT Kota Bukittinggi Ke-239 di Balai Sidang Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Jumat 22 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Dia mengajak semua pihak, termasuk Pemerintah Daerah, unsur legislatif, dan seluruh lapisan masyarakat di Kota Bukittinggi, untuk memahami makna evaluatif tersebut.

Tujuannya adalah membuat Kota Bukittinggi siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan baik dari segi regulasi maupun kebijakan.

“Ajakan untuk melakukan evaluatif tidak hanya ditujukan kepada pemerintah daerah, tapi juga kepada DPRD dan seluruh lapisan masyarakat,” tegas Hansastri.

Hansastri juga mengingatkan tentang Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres), dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2024.

Dia menyatakan bahwa suksesnya pesta demokrasi ini memerlukan dukungan dan komitmen dari seluruh pihak, bukan hanya Pemerintah Daerah, tetapi juga masyarakat.

“Kita berharap seluruh pihak dapat mendukung pelaksanaan pemilu serentak ini, karena tanggung jawab kesuksesannya tidak hanya pada lembaga penyelenggara, tetapi juga pada kita semua,” ujar Hansastri.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, dalam kesempatan yang sama, menyatakan komitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan APBD dalam pemberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi.

Ia menekankan bahwa pihaknya fokus pada pemenuhan hak dasar warga kota dan telah menetapkan tagline ‘Bersandar ke Hati Rakyat’ sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas di Kota Bukittinggi.

“Dalam menjalankan roda pemerintahan, kita telah dan akan terus berfokus pada aspek pemberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi, terutama yang terkait dengan pemenuhan hak dasar warga kota,” ungkap Walikota Bukittinggi, Erman Safar. “Tagline ‘Bersandar ke Hati Rakyat’ adalah komitmen kami untuk mempertimbangkan perasaan rakyat dalam setiap kebijakan dan program yang kami rencanakan dan laksanakan,” tegasnya.

(adpsb/busan/romzi)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait