Kolaborasi Sukses, Pemerintah Sumbar dan BI Luncurkan Sumbar Creatif Fest

TOPSUMBAR – Pada 1 Desember 2023, Sumbar Creatifest 2023 resmi dibuka, dengan kehadiran Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri, yang mewakili Gubernur Mahyeldi.

Dalam acara tersebut, Hansastri menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif pada pengembangan pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal serta pertumbuhan ekonomi Sumbar.

“Ini merupakan wujud nyata dari kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Provinsi Sumbar dan Bank Indonesia dalam mendukung perkembangan UMKM lokal serta pertumbuhan ekonomi Sumbar,” ungkap Hansastri pada pembukaan Sumbar Creatifest 2023 di Kawasan GOR H. Agus Salim, Padang, Jumat 1 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, pertumbuhan ekonomi Sumbar telah menunjukkan tren positif.

Pada Triwulan II Tahun 2023, pertumbuhan mencapai 5,14% year on year (yoy), meningkat dibandingkan dengan Triwulan I Tahun 2023 yang tumbuh 4,80% yoy.

Persentase ini juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Triwulan IV Tahun 2022 yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,15% yoy.

“Angka pertumbuhan ekonomi Sumbar selama Tahun 2023 menunjukkan tren positif, berkat perkembangan merata di sektor-sektor seperti pertanian, perdagangan, jasa, dan UMKM. Ini merupakan hal yang perlu kita jaga ke depan,” ungkap Sekda Provinsi Sumbar.

Hansastri juga mengungkapkan bahwa sektor pariwisata kini menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang sangat potensial di Sumbar.

Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Provinsi Sumbar telah fokus mengembangkan sektor ini dengan mengusung konsep Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) melalui tagline Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumbar, Endang Kurnia Saputra, menyatakan bahwa Sumbar Creatif Fest 2023 bertujuan untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumbar.

Acara ini berlangsung selama 3 hari, tepatnya 1-3 Desember 2023, di kawasan GOR H. Agus Salim Padang, melibatkan ratusan pelaku UMKM lokal.

Endang Kurnia Saputra menyoroti tren berdagang ala milenial yang dianggap strategis, namun seringkali mengalami kendala dalam pemasaran.

Sumbar Creatif Fest 2023 diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala tersebut dengan menampilkan produk UMKM lokal.

Sebelumnya, kegiatan ini dikenal sebagai Minang Craft, tetapi pada tahun 2023, BI Perwakilan Sumbar mengubahnya menjadi Sumbar Creatif Fest agar lebih inklusif dalam mempromosikan ekonomi kreatif dan pariwisata.

(adpsb/Busan)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait