Keberhasilan Kota Payakumbuh, Penerima Anugerah Meritokrasi KASN 2023

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Payakumbuh berhasil meraih Anugerah Meritokrasi 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, dalam acara yang diselenggarakan di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriot Hotel pada Kamis 7 Desember 2023.

Ketua KASN RI, Agus Pramusinto, bersama Wakil Ketua KASN RI, Tasdik Kinanto, secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut.

Bacaan Lainnya

Anugerah Meritokrasi diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada instansi pemerintah yang berhasil menerapkan sistem merit dengan kategori baik dan sangat baik.

Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh meraih kategori Baik dengan nilai 260 pada Anugerah Meritokrasi Tahun 2023.

Ia menekankan bahwa pencapaian tersebut dapat terwujud berkat peran serta dan kontribusi luar biasa dari seluruh jajaran di Instansi Pemerintah Kota Payakumbuh, terutama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sebagai leading sektor pembinaan kepegawaian.

Jasman menyatakan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari sinergi di antara berbagai sektor dalam pemerintahan, dengan BKPSDM memainkan peran penting.

Dia juga menegaskan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh telah berhasil mengimplementasikan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dengan fokus pada kompetensi, kinerja, dan kualifikasi terbaik.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh untuk tetap bekerja secara maksimal, taat aturan, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambah Jasman.

Kepala BKPSDM Erwan menjelaskan bahwa penilaian sistem merit melibatkan delapan aspek, termasuk perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Dia menekankan pentingnya penilaian sistem merit sebagai langkah kunci dalam meningkatkan kinerja ASN dan menggarisbawahi bahwa penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit memiliki dampak positif dalam menciptakan SDM ASN yang handal.

Sementara itu, Ketua KASN RI Agus Pramusinto mengungkapkan bahwa penghargaan meritokrasi adalah apresiasi dan bukti konkrit atas pelaksanaan sistem merit di instansi pemerintah.

Dia menyampaikan harapannya agar dapat menerima masukan dari Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai mitra KASN untuk memastikan akuntabilitas dan pertanggungjawaban hasil penilaian sistem merit di instansi pemerintah.

Dalam sambutannya, Agus Pramusinto menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi yang menangani manajemen ASN guna mencapai hasil yang lebih baik

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait