Aroma Bahari, Gulai Ambacang Ikan Karang, Kelezatan Tersembunyi di Mandeh

TOPSUMBAR – Selain pesona alam dan keindahan lautnya, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyuguhkan pengalaman kuliner tak terlupakan.

Disini, Anda akan menemukan lebih dari sekadar panorama alam, tapi juga ragam kuliner khas yang memikat hati para pengunjung di kawasan yang dijuluki “Hidden Paradise Of Indonesia” ini.

Bacaan Lainnya

Salah satu kuliner yang menjadi kegemaran para wisatawan adalah Gulai Ambacang Ikan Karang. Sebuah warisan kuliner tradisional yang menggoda lidah dan mengajak kita untuk merasakan cita rasa masa lalu.

Resep yang diwariskan secara turun-temurun ini berasal dari pengetahuan para orang tua terdahulu, menjadikannya lebih dari sekadar hidangan, tapi juga bagian dari sejarah kuliner setempat.

Gulai Ambacang Ikan Karang ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti buah Ambacang muda, ikan laut segar, santan kelapa, cabe giling, bawang merah, bawang putih, laos, kunyit, cabe rawit, dan berbagai rempah pilihan lainnya.

Proses pembuatannya pun dilakukan dengan penuh keahlian, mengikuti tradisi leluhur yang telah terjaga selama bertahun-tahun.

Menurut Maitin, seorang ibu rumah tangga yang turut berpartisipasi dalam pembuatan kuliner ini, “Gulai Ambacang Ikan Karang merupakan kuliner warisan orang tua kami, dan juga ikon di sini.”

Sebuah kesaksian hidup akan kekayaan budaya kuliner yang dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat.

Namun, keistimewaan Gulai Ambacang Ikan Karang tidak hanya terletak pada rahasia resep warisan ini, tetapi juga pada bahan utamanya, yaitu buah Ambacang. Meskipun masih sekerabat dengan Mangga, Ambacang memiliki keunikan tersendiri.

Lebih berserat dan memiliki aroma harum yang khas, buah ini memberikan sentuhan berbeda pada hidangan kuliner.

Untuk menikmati kelezatan Gulai Ambacang Ikan Karang, Anda tak perlu jauh-jauh. Kawasan Mandeh, khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan, menjadi tempat di mana kuliner khas ini dapat ditemui dengan mudah.

Ambacang yang dijual dengan kondisi separuh ranum, khusus digunakan untuk membuat hidangan gulai yang tak hanya lezat, tapi juga unik dan sulit ditemui di tempat lain.

Jadi, apakah Anda penasaran untuk mencicipi keunikan Gulai Ambacang Ikan Karang? Ayo, berwisata ke Mandeh, dan sambutlah petualangan kuliner yang menggoda selera Anda.

Selamat menikmati keajaiban kuliner Mandeh!

(ADV/Webtorial)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait